get app
inews
Aa Read Next : Guru Penggerak : Mencetak Generasi Pemimpin Yang Berakhlak

PAUD dalam Konsentrasi Merdeka Belajar

Jum'at, 30 Juni 2023 | 21:16 WIB
header img
Foto: Ilustrasi

Dalam merefleksikan pendidikan di Indonesia, pendidikan yang merupakan pilar utama untuk majunya suatu peradaban adalah hal yang tidak bisa kita pungkiri atau kita anak tirikan. Melalui pendidikan manusia mampu berkembang tidak hanya dari segi fisik yang terus tumbuh, namun juga mampu berkembang secara pemikiran. Pendidikan melakukan perawatan dan pengalaman yang mengasah pemikiran ini. 

Pentingnya pendidikan secamam ini bahkan menjadikan pendidikan patut dilakukan sejak usia dini. Pendidikan yang dilaksanakan secara dini menjadi sumber daya manusia kita terbiasa mengalami berbagai pengalaman baik yang melengkapi tumbuh kembangnya, tak mengherankan pendidikan usia dini kini menjadi tingkat pendidikan yang banyak digeluti atensi publik.

Bicara usia dini, manusia memasuki tumbuh kembang dimana anak ingin membuat sebuah kunci untuk masa depannya. Masa yang sangat tepat untuk memberikan stimulus, ibarat seperti spons yang menyerap banyak air. Meski stimulus tidak harus disekolah saja namun bisa dirumah, yang penting berangkat dari pemahaman orang tua adalah bagaimana memberikan stimulius yang tepat pada anak dimulai dari masa dini agar menghasilkan manusia yang lekat akan pengetahuan.

Masalah Utama Orang Tua

Namun, permasalahan utama yang dihadapi oleh orang tua adalah minimnya keahlian mereka dalam mengajar, sulitnya memotivasi anak, lingkungan yang kurang kondusif dan keterbatasan waktu. Misalnya adalah seperti latar belakang pendidikan orang tua yang mempengaruhi kemampuan mereka memahami materi anak usia dini karena bagi sebagian mereka materi anak usia dini mungkin belum bisa dikategorikan sulit namun cara efektif untuk mengajarkannya pada anak itu adalah hal yang tidak bisa dengan mudah dilakukan begitu saja. Demikian juga halnya dengan masalah waktu, sekalipun menjadi kendala yang berat, tetapi bagi sebagian orang tua pendampingan anak dalam tahap belajar tidak bisa sepenuhnya efektif karena harus membagi waktu untuk kepentingan lain seperti pekerjaan demi menggapai nafkah yang sedikit misalnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut