get app
inews
Aa Read Next : Seruan PWPM Jateng Pasca Pemilu 2024: Harapkan Situasi Damai dan Sejuk!

Aktivitas Tambang Galian C di Polokarto Sukoharjo Ditutup Camat gegara Diprotes Warga

Senin, 26 Desember 2022 | 10:04 WIB
header img
Spanduk penolakan aktivitas tambang galian C ditengah jalan yang rusak dipasang waga Desa Rejosari, Polokarto.Foto: iNews/Istimewa

SUKOHARJO, iNewsJatenginfo.id  -  Sempat diwarnai ketegangan, Pemerintah Kecamatan Polokarto, Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng), akhirnya menutup paksa aktivitas tambang galian C di Desa Mranggen.

Tindakan tegas dilakukan lantaran kegiatan itu telah mengakibatkan kerusakan jalan. Bahkan juga mendapat penolakan keras dari warga yang sepakat menolak aktivitas tambang tersebut.

Camat Polokarto, Heri Mulyadi, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa pihaknya telah menutup aktifitas tambang galian C di Desa Mranggen.

"Aktifitas penambangan itu ilegal. Sudah kami hentikan sepekan lalu, karena tidak ada koordinasi," kata Heri melalui pesan WhatsApp, Minggu (25/12/2022).

Dijelaskan, sebelum dilakukan tindakan penutupan, aktivitas tambang galian C tersebut telah beroperasi sekira dua bulan. Galian berupa tanah itu diangkut menggunakan truk dari Desa Mranggen.

"Akibatnya, jalan jadi rusak karena dilalui truk mengangkut galian,"' ungkap Heri.

Menyinggung tentang penolakan warga, ia juga membenarkan, bahwa aktifitas penambangan itu sempat ditolak warga Desa Rejosari, Polokarto. Mereka menutup akses jalan, karena lalu lintas truk tambang itu telah merusak jalan desa.

"Maka, dari banyaknya penolakan dan imbas kegiatan yang membuat kerusakan jalan, langkah kami tegas. Galian C itu kami hentikan," imbuh Heri.

Sebelumnya, Bupati Sukoharjo Etik Suryani juga sempat dibuat geram dengan maraknya penambangan galian C ilegal, terutama diwilayah bagian selatan, Kecamatan Bulu, dan Kecamatan Weru. 

"Selama kami menjabat (galian C) mulai marak lagi, dan masih ilegal. Itu merugikan kami dan masyarakat sekitar," kata Etik.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut