get app
inews
Aa Read Next : Ciptakan Kader Militan, PK IMM Ibnu Sina Undip Selenggarakan Darul Arqam Dasar

FISIP UIN Walisongo Semarang Gelar Kelas Internasional dengan Sistem Collaborative Teaching

Senin, 28 November 2022 | 17:12 WIB
header img
Kelas Internasional FISIP UIN Walisongo Semarang. Foto: Dok

Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Ahwan Fanani, M.Ag menegaskan bahwa proses penentuan system kelas bagi kelas internasional akan semakin disempurnakan sehingga para mahasiswa akan dengan mudah untuk mendaftarkan diri di kelas internasional, dan memperoleh international insight.

"Pengalaman kami, dengan adanya kelas internasional, semakin memudahkan fakultas untuk memilih mahasiswa ketika terdapat berbagai event internasional yang membutuhkan kualifikasi mahasiswa kelas internasional," kata Ahwan Fanani.

Ahwan mengungkapkan pihaknya mendukung sepenuhnya kelas internasional yang diinisiasi ini.

"Saya dukung sepenuhnya program progresif ini apabila membutuhkan penataan administrasi," imbuhnya.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama, Dr. Moh. Khasan, M.Ag menyatakan dukungan sepenuhnya terhadap program kelas internasional.

"Program ini menguatkan internasionalisasi bagi mahasiswa FISIP," katanya.

Menurutnya program internasionalisai ini sebuah keharusan karena konteks UIN Walisongo bukanlah skope kecil seperti desa, namun dunia (global village)

Era globalisasi menuntut Perguruan Tinggi Islam di Indonesia menyiapkan lulusan berdaya saing tinggi agar tidak kalah dengan lulusan dari luar negeri.

"Untuk itu, program kelas internasional FISIP dapat dinilai menjawab tantangan tersebut yaitu dengan menyelenggarakan perkuliahan dalam bahasa asing. Pembelajaran dengan bahasa asing merupakan nilai positif yang didapatkan mahasiswa. Bahan ajar dan bahasa pengantar kelas internasional berbahasa Inggris, serta standarisasi dosen yang mengajar di kelas internasional akan semakin menguatkan orientasi internasionalisasi," tandasnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut