get app
inews
Aa Read Next : Paralympic Training Center Untuk Tingkatkan Kualitas dan Prestasi Olahraga

Tanah Bergerak di Brebes Berdampak ke Puluhan Rumah Warga Sridadi

Selasa, 08 November 2022 | 09:26 WIB
header img
Relokasi rumah warga terdampak tanah bergerak. (Foto: Petra Akbar)

BREBES, iNewsJatenginfo.id – Para relawan  dibantu masyarakat bergotong-royong melakukan pembongkaran rumah-rumah warga terdampak bencana alam tanah bergerak di Dukuh Karanganyar, Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes.

Peltu Edi Susianto Bati Tuud Koramil 10 Sirampog Kodim 0713 Brebes mengatakan, bahwa pembongkaran bangunan telah dimulai sejak hari Jumat kemarin sampai hari ini.

“Ada 10 rumah warga yang dibongkar karena memang sudah tidak layak atau membahayakan jiwa jika masih ditempati. Hari Jumat berhasil dibongkar 3 rumah dan Sabtu kemarin 7 rumah,” terangnya, Senin (7/11/2022).

Untuk Dukuh Karanganyar sendiri, terdapat 65 rumah yang dihuni 185 KK (767 jiwa), dimana 57 rumah tercatat mengalami kerusakan parah.

Para warga akan direlokasi ke Huntara (hunian sementara) di tanah bengkok desa yang berada di Dukuh Gua, yaitu berjarak sekitar 2 kilometer dari Karanganyar. Kemudian sambil menunggu pendirian huntara selesai, warga masih mengungsi di Gedung Pondok Pesantren Al Ihsan, tenda pengsungsian, dan juga di rumah-rumah sanak saudara.

“Pemerintah desa dan tim relawan sepakat bahwa pembongkaran rumah dilakukan secara bertahap, yaitu 10 rumah dibongkar kemudian 10 rumah itu dipasang/didirikan dulu, baru setelah itu dilakukan pembongkaran 10 rumah lagi,” sambungnya.

Di hari Minggu kemarin (6/11), tim relawan gabungan bersama warga telah berhasil mendirikan 6 unit huntara dari 10 rumah bongkaran. Dari 6 huntara itu, 3 baru terpasang seng dan pekerjaan akan dilanjutkan hari ini.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut