get app
inews
Aa Read Next : BPBD Banjarnegara Siapkan SDM Penanganan Pasca Bencana Dengan Adakan Pelatihan Jitupasna

80 Orang Mengungsi Akibat Tanah Bergerak Meluas di Banjarnegara

Senin, 31 Oktober 2022 | 12:44 WIB
header img
Tanah bergerak yang terjadi di dua desa yakni Desa Bantar dan Desa Suwidak, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara terus meluas. Foto: Ist

BANJARNEGARA, iNewsJatenginfo.id Desa Bantar dan Desa Suwidak, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara terjadi tanah bergerak yang terus meluas. Berita terakhir, sudah ada 80 orang yang mengungsi ke tempat aman.

Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto mengatakan selain menyebabkan kerusakan rumah, tanah gerak juga memutus akses jalan menuju kecamatan.

“Ada 9 rumah rusak parah akibat bencana tanah bergerak. Bangunan harus dikosongkan karena miring dan nyaris roboh,”katanya.

Selain itu, 80 orang yang menghuni rumah tersebut telah mengungsi ke tempat yang aman.  Tanah bergerak juga membuat akses jalan terputus dan mengakibatkan warga terisolasi.

Mereka tak bisa leluasa keluar masuk karena jalur putus akibat pergerakan tanah.

“Pergerakan tanah sampai saat ini masih terus terjadi, area pergerakan meliputi jalan, permukiman warga dan lahan pertanian dengan luas sekitar 3 hektare,” kata salah satu warga setempat, Mustofa, Sabtu (29/10/2022).   

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut