get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa UPGRIS Kenalkan Camilan Sehat Keripik dari Gedebog Pisang

BPBD Banjarnegara Siapkan SDM Penanganan Pasca Bencana Dengan Adakan Pelatihan Jitupasna

Rabu, 20 September 2023 | 21:28 WIB
header img
Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara dalam pelatihan Jitupasna di Banjarnegara.

BANJARNEGARA, iNewsJatenginfo.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara melakukan pelatihan Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitupasna) pada relawan bencana dan masyarakat di Banjarnegara.

Pelatihan ini merupakan bagian dari kesiapan dan peningkatan SDM para relawan dan masyarakat dalam penanganan pasca bencana di Banjarnegara, khususnya pada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana.

Pelatihan yang diikuti oleh 60 peserta dari berbagai unsur mulai dari OPD, kecamatan, perangkat desa, hingga masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran serta kemampuan para relawan dan masyarakat dalam kebutuhan pasca bencana.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto mengatakan, pelatihan Jitupasna ini sengaja dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan SDM para relawan di Banjarnegara, khususnya dalam penanganan pasca terjadinya bencana. 

Hal ini sangat penting karena adanya bencana ini bisa mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis. Jitupasna ini merupakan satu pelatihan peningkatan SDM dalam pengkajian dan penilaian akibat serta analisis dampak bencana, termasuk kebutuhan masyarakat setelah terjadinya bencana.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut