get app
inews
Aa Read Next : UMS Kampus Unggul Berkemajuan Delegasikan Mahasiswa di Olimpiade Nasional MIPA 2024

Kajian Bulanan Sivitas Akademika UMS, PHIWM: "Kehidupan dalam Profesi"

Selasa, 01 November 2022 | 18:19 WIB
header img
Kajian Bulanan Sivitas Akademika UMS, PHIWM: "Kehidupan dalam Profesi". Foto: Ist

SUKOHARJO, iNews Jatenginfo.id - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan Kajian Bulanan Sivitas Akademika UMS yang dikemas dalam bentuk Webinar Series, Senin, (31/10) yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting.

Tema yang diangkat pada Webinar ke-24 Series itu yaitu "Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM): Kehidupan dalam Profesi", dengan narsumber Dr. KH. Khairudin Bashori, MSi, dipandu moderator Dr. Imron Rosyadi MAg.

Dr. Khairudin Bashori selaku Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah (LP2M) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, menyampaikan pengertian dari PHIWM terlebih dahulu.

"PHIWM adalah seperangkat nilai dan norma Islami yang bersumber pada Al-Quran dan Sunnah untuk menjadi pola bagi tingkah laku warga Muhammadiyah dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sehingga tercermin kepribadian Islami menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya," paparnya.

Menurutnya, semua basisnya nilai memunculkan keyakinan, mengadirkan sikap itulah yang mendorong terhadap perilaku tertentu. Kesepakatan kita tentang nilai Islami yang kita pegang menjadi fundemental.

"PHIWM ini lebih ke norma-norma Islami dan nilai atau value, karena itu basis ketika kita berMuhammadiyah," jelasnya.

Dia menyampaikan, sebagai pekerja profesional potensinya harus memadai dan memiliki karakternya kuat. Kalau dua hal ini bisa kita blended jadi satu maka akan luar biasa keluarga besar UMS.

"Kalau melihat poin G dalam PHIWM, kehidupan dalam mengembangkan profesi, poin pertama bahwa profesi merupakan bidang pekerjaan yang dijalani setiap orang sesuai dengan keahliannya yang menuntut kesetiaan (komitmen), kecakapan (skill), dan tanggungjawab yang sepadan sehingga bukan semata-mata urusan mencari nafkah berupa materi belaka," jelas Wakil Ketua LP2M itu.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut