get app
inews
Aa Read Next : Hari Ini AHY Dijadwalkan Bertemu Anies Baswedan, Perbaikan Bangsa Jadi Pembahasan

Dibanding Jokowi, Demokrat Mengaku SBY Lebih Mampu Atasi Kemiskinan sampai Kurangi Pengangguran

Kamis, 13 Oktober 2022 | 16:56 WIB
header img
Demokrat menilai era SBY lebih baik dari pemerintahan Jokowi, (Foto : Okezone)

Indikator keempat kata Herzaky adalah terkait pengangguran. Ia mengaku heran pemerintah mengklaim berhasil menurunkan pengangguran sebanyak 140 ribu orang selama lima tahun di era pemeritahan Jokowi, atau rata-rata 28 ribu per tahun.

Dari 7,24 juta jiwa di tahun 2014 peninggalan SBY, menjadi 7,1 juta jiwa di 2019 era Jokowi. "Pak SBY selama 10 tahun berhasil menurunkan angka pengangguran sebanyak 3,01 juta jiwa, alias 301 ribu per tahunnya. Rata-rata 301 ribu era SBY yang tidak lagi menganggur dibandingkan 28 ribu era Jokowi per tahunnya, itu lebih tinggi mana ya," ucap Herzaky dengan nada bertanya.

Kemudian Herzaky melihat indikator kelima yakni terkait pendapatan per kapita rakyat. Di era SBY dan Demokrat berkuasa selama 10 tahun juga meningkat drastis.dari US$ 1.150 di tahun 2004 menjadi US$ 3.491.

"Itu naik Tiga kali lipat! Era Jokowi, delapan tahun berkuasa saja hanya mampu menaikkan menjadi US$ 4.349," lanjutnya.

Indikator keenam kata Herzaky adalah besarnya peningkatan APBN. Ia melihat semua kesuksesan saat ini diwujudkan pemerintahan SBY dengan warisan APBN yang minim dari pemerintahan Megawati sebesar Rp427 Triliun.

Namun, berkat keseriusan dan fokus bekerja untuk rakyat, pada 2014 pemerintahan SBY bukan hanya sukses meningkatkan kesejahteraan rakyat, sekaligus mewariskan APBN kepada pemerintahan Jokowi sebesar Rp1.876,9 T, alias empat kali lipat dibandingkan era Megawati Soekarnoputri.

"Era Jokowi, tahun 2022 ini, APBN jangankan naik empat kali lipat, naik dua kali lipat saja tidak mampu," ucap Herzaky.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut