Logo Network
Network

Semarak HUT RI ke 77, Ada Hantu Koruptor Jalan-jalan di Karnaval Kelurahan Nongkosawit di Semarang

Arif Purniawan
.
Senin, 22 Agustus 2022 | 15:12 WIB
Semarak HUT RI ke 77, Ada Hantu Koruptor Jalan-jalan di Karnaval Kelurahan Nongkosawit di Semarang
Sejumlah warga meramaikan HUT RI ke-77 dengan beradu kreatifitas di karnaval RW 1 Nongkosawit Gunungpati Semarang. Di pawai itu ada hantu koruptor jalan-jalan. Foto : arif purniawan/iNews

SEMARANG iNewsJatenginfo.id – Tak kurang 500 warga RW 1 di Kelurahan Nongkosawit, Gunungpati, Kota Semarang, mengikuti karnaval dalam rangka memperingati HUT RI ke-77, pada Minggu (20/8/2022).

Pawai tersebut dimulai dari depan kantor kelurahan sekitar pukul 13.30 WIB, berjalan mengitari wilayah RW 2 yang memakan perjalanan kurang lebih hampir satu jam. Paling depan barisan  tiruan burung garuda raksasa. Kemudian diikuti para peserta dari RT 01 sampai RT 06.

Dari pantauan di lapangan, kegiatan itu melibatkan banyak lapisan masyarakat. Ada drum band yang ditampilkan oleh SD Nongkosawit 01. Kemudian Pagar Nusa, organsiasi beladiri NU. Beberapa peserta juga mengenakan seragam sejumlah profesi seperi bidan, ASN, dan TNI.

Khususnya ibu-ibu, mereka sangat semangat menyanyikan lagu-lagu patriotisme seperti  lagu Hari Merdeka.

Karnaval itu juga  menjadi ajang  menyampaikan kritik terhadap perilaku koruptif pejabat. Ada sosok dalam balutan kain pocong, dengan kelopak mata hitam, mulut seperti keluar darah berwarna merah ikut  jalan-jalan. Dia mengalungkan kardus di lehernya bertuliskan koruptor bansos.

Selain itu, adalah tiruan tank yang dinaiki oleh dua sosok dari RT berbeda yang menampilkan sosok Presiden RI pertama Ir Soekarno. Mengenakan kaca mata hitam, setelan jas dan berpeci hitam, berdiri di tengah-tengah tank.

Orang tersebut melambaikan tangan kepada warga yang  antuasis menyaksikan arak-arakan. Bukan hanya tank saja, tapi juga dilengkapi alat tembak yang terbuat dari bambu. Selama dalam perjalanan, mercon bumbung tersebut dinyalakan oleh peserta. Jedeerr..jederrr..jederr.  

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini