get app
inews
Aa Read Next : Kurikulum Merdeka dan Akselerasi Pendidikan

Implementasi Kurikulum Merdeka Transformasi Pendidikan

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 14:40 WIB
header img
Dwi Jatmiko, Wakasek Humas Sekolah Penggerak SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Foto Dwi Jatmiko

Ketiga, bergotong royong. Pelajar Indonesia memiliki kemampuan bergotong- royong. Elemen-elemen dari bergotong royong adalah kolaborasi,  kepedulian, dan berbagi.  

Keempat, mandiri. Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.  

Kelima, bernalar  kritis. Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi  baik  kualitatif  maupun kuantitatif. 

Keenam Kreatif. Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci  dari kreatif terdiri dari menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.

Ada lima kelompok tantangan dunia Pendidikan yang perlu dihadapi. Tantangan tersebut adalah ekosistem Pendidikan, guru, pembelajaran/pedagogi, kurikulum dan sistem penilaian. 

Ekosistem Pendidikan   menjadikan sekolah sebagai tugas, Pimpinan sebagai pengatur, manajemen sekolah terlalu administratif, masih ada PAUD yang belum melibatkan orang tua. 

Guru sebagai tenaga pendidik hanya berperan sebagai pelaksana   kurikulum,   sebagai   sumber   pengetahuan   satu-satunya   serta pelatihan yang dilakukan berdasarkan teori. 

Dalam proses pembelajaran siswa hanya berperan sebagai penerima pengetahuan, fokus kepada kegiatan tatap muka, pendekatan  bermain  versus  Calistung serta pengajaran  berdasarkan pembagian umur.  Sementara  kurikulum dan sistem penilaian perkembangan linear,   berdasarkan   konten,   fokus   pada   kegiatan   akademik sedangkan penilaian bersifat sumatif.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut