get app
inews
Aa Read Next : 5 Kandungan dalam Skincare untuk Cerahkan Wajah Kusam, dr Renni: Kulit Tetap Cerah dan Lembap

Kasus Bedah Anak Berasal dari Penyakit Apa Saja?

Sabtu, 30 Juli 2022 | 16:18 WIB
header img
Dr. Edwin Basyar dan dr. Renni Yuniati. Foto: Iman Nurhayanto

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Kebanyakan kasus dalam proses bedah anak berasal dari kelainan bawaan. Seperti saat lahir tidak punya anus, usus buntu, atresia ilium, dan lain-lain.

Mengupas kasus-kasus tersebut, IDI Jateng adakan podcast pada Rabu (27/7) dan dipandu oleh Dr. dr. Renni Yuniati, SpKK, FINSDV, MH, mengundang narasumber dr. Edwin Basyar, MKes, SpB, SpBA(K) merupakan Ketua PERBANI Cabang Jawa Tengah & Yogyakarta.

Bertempat di Sekretariat IDI Jateng yang terletak di Kota Semarang, podcast kali ini mengangkat topik, "Seluk Beluk Bedah Anak".

Menurut dr. Edwin kebanyakan kasus dalam proses bedah anak berasal dari kelainan bawaan. Seperti saat lahir tidak punya anus, usus buntu, atresia ilium, dan lain-lain.

Adapun kasus pasien yang terlambat dirujuk ke RS, sehingga kondisinya sudah memburuk. Untuk kasus hernia reponibel, selama masih bisa masuk dari kantongnya tidak membahayakan. Namun jika terjadi jepitan akan membahayakan, sehingga harus segera dilakukan rujukan.

Dr. Edwin memperkenalkan organisasi PERBANI merupakan anggota bedah anak seluruh dunia.

Ia memberi pesan kepada pasien jika sudah terdiagnosa hernia inguinalis lateralis.

"Jika saat melakukan pemeriksaan, sudah mendapat diagnosis hernia inguinalis lateralis, segera lakukan tindakan herniotomi," ucapnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut