get app
inews
Aa Read Next : 5 Kandungan dalam Skincare untuk Cerahkan Wajah Kusam, dr Renni: Kulit Tetap Cerah dan Lembap

6 Manfaat Pisang untuk Kecantikan dan Kesehatan Menurut dr Renni

Selasa, 16 Mei 2023 | 12:21 WIB
header img
Dr dr Renni Yuniati SpKK FINSDV FAADV MH dokter di RSUP. Dr. Kariadi Semarang. Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Buah pisang memiliki manfaat terhadap kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah bisa menyehatkan sistem pencernaan pada tubuh.

Di negara tropis seperti Indonesia, pisang merupakan buah yang tumbuh subur. Dari sekian banyak jenis atau nama buah, pisang menjadi salah satu yang paling banyak disukai.

Dr dr Renni Yuniati SpKK FINSDV FAADV MH dokter di RSUP. Dr. Kariadi Semarang menyampaikan, pisang tak sekadar rasanya yang enak serta dapat diolah menjadi bermacam hidangan lezat, kandungan yang dimilikinya pun memiliki manfaat beragam.

"Tak hanya untuk kesehatan, namun juga berguna dalam aspek lain, termasuk kecantikan," ucap dr Renni yang juga Dosen di Fakultas Kedokeran Undip Semarang.

Dr Renni menyebutkan ada 6 manfaat kecantikan dan kesehatan dari buah pisang, diantaranya sebagai berikut:

1. Mencerahkan Kulit dan Mencegah Penuaan

Kemudian, pisang juga dapat bermanfaat pada aspek kecantikan. Dalam hal ini, kandungan di dalamnya berguna untuk perawatan kulit, termasuk untuk mencerahkan. Mengutip Lifestyle Asia, daging buah pisang mengandung asam alfa hidroksi (AHA) yang berguna sebagai pengelupas kulit alami, serta mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, dada salah satu kandungannya pisang juga memiliki bahan anti keriput yang membantu menghilangkan bintik-bintik penuaan dan mencegah kerutan.

2. Mengurangi Peradangan Jerawat

Buah ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi kemerahan akibat jerawat. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan daging pada pisang sebagai masker wajah. Tak hanya itu, pisang juga disebut bisa mengurangi hiperpigmentasi pada kulit dengan bantuan vitamin A dan C. Kandungan ini bermanfaat menghilangkan bekas jerawat pada kulit. Itulah sejumlah manfaat pisang bagi kesehatan dan kecantikan yang perlu diketahui.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut