get app
inews
Aa Read Next : Panwaslu Kecamatan Existing Telah Diumumkan, Bawaslu Kota Semarang Buka Kategori Pendaftar Baru

Cuaca Panas Menyengat, Ini 5 Tips Jaga Kesehatan dr Renni

Jum'at, 12 Mei 2023 | 12:37 WIB
header img
Dr dr Renni Yuniati SpKK FINSDV FAADV MH. Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Kota Semarang menjadi salah satu daerah dengan cuaca yang cerah dan sinar matahari yang cukup panas. Apalagi jika sudah pukul 10.00 pagi sampai 16.00 sore.

Masyarakat biasanya enggan untuk berlama-lama bertahan dibawah terik matahari. Karena suhu yang terus meningkat hingga terlalu panas bagi tubuh, akan menyebabkan beberapa dampak yang dapat mengganggu kesehatan dan aktivitas kita saat berada di luar ruangan.

Sehingga Dr dr Renni Yuniati SpKK FINSDV FAADV MH dokter di RSUP. Dr. Kariadi Semarang memiliki beberapa tips sehat di tengah cuaca panas yang saat ini sedang terjadi.

"Perlu kita ketahui, beberapa tindakan yang dapat meminimalisir dampak cuaca panas bagi tubuh menjadi penting, agar tubuh masih bisa beraktivitas dengan maksimal dibawah terik matahari tanpa ada kendala," ujar dr Renni yang juga merupakan Dosen di Fakultas Kedokeran Undip Semarang.

Berikut adalah beberapa tips sehat saat cuaca panas yang perlu untuk diketahui dan dilakukan:

1. Tanpa menunggu rasa haus, cukupi kebutuhan air dalam tubuh dengan minum air putih secukupnya.

2. Dianjurkan menggunakan topi atau payung untuk menghindari kontak matahari secara langsung.

3. Menggunakan sunscreen minimal 30 SPF pada kulit yg tidak tertutup oleh baju untuk memberikan perlindungan ekstra kepada kulit.

4. Untuk meminimalisir potensi heatstroke ataupun dehidrasi, saat ingin melakukan aktivitas fisik/olahraga, lakukan di dalam ruangan.

5. Jangan bertahan di dalam kendaraan yang terparkir, baik dengan kaca terbuka maupun tertutup.

"Kita perlu waspada terhadap panas terik yang saat ini terjadi, karena tubuh akan rentan mengalami masalah kesehatan seperti dehidrasi, Heat Stroke dan gangguan kesehatan lainnya," pungkasnya.

Apabila mengalami gejala penyakit akibat cuaca panas,  segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin dan kurangi aktivitas di luar ruangan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut