get app
inews
Aa Read Next : Gegara Korsleting Listrik, Pabrik Roti di Salatiga Ludes Dilahap si Jago Merah

Pemkot Salatiga Dirikan Posko Check Point Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Senin, 27 Juni 2022 | 19:55 WIB
header img
Posko check point hewan kurban di Kebun Dinas Pertanian Terpadu Noborejo, Argomulyo yang didirikan Pemkot Salatiga jelang Idul Adha. Foto: Ist.

SALATIGA, iNewsJatenginfo.id - Dinas Pangan dan Pertanian Kota Salatiga mendirikan posko check point hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha. Lokasinya berada di Kebun Dinas Pertanian Terpadu Noborejo, Argomulyo. 

Posko check point yang dibuka pada 27 Juni hingga 8 Juli 2022, digunakan untuk memeriksa kesehatan hewan kurban yang dibeli warga dari peternak di Salatiga maupun luar daerah. 

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Salatiga Henny Mulyani mengatakan, pendirian posko check point guna memastikan semua hewan kurban yang akan disembelih dalam kondisi sehat. Sekaligus untuk menekan penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. 

"Kami minta semua warga dan panitia kurban untuk memeriksakan hewan kurban yang akan disembelih di posko check point. Setelah diperiksa, hewan yang sehat akan mendapatkan SKKH (surat keterangan kesehatan hewan). Jika ditemukan ada yang hewan kurban yang terindikasi PMK langsung dikarantina untuk disembuhkan dulu," katanya, Senin (27/6).

Selain melakukan pemeriksaan hewan kurban di check point, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Salatiga juga melakukan pemeriksaan lalu lintas hewan di tiga titik, yakni di Blotongan, Tingkir dan Kecandran. 

Medik veteriner Dinas Pangan dan Pertanian Kota Salatiga, drh Christina Susiloningsih mengatakan, pendirian posko check point memudahkan masyarakat dalam memeriksakan hewan kurban maupun ternaknya. Mereka bisa mendapatkan pelayanan pemeriksaan hewan secara cepat dan tepat.

“Utamanya bagi yang belum memiliki SKKH. Setelah diperiksa di sini, selanjutnya akan keluar SKKH dan gratis,” ujar Christina Susiloningsih. 

Menurutnya, masyarakat yang memiliki hewan ternak dalam jumlah banyak, bisa memanfaatkan layanan jemput bola. Petugas akan datang ke peternakan untuk memeriksa kesehatan hewan ternak warga. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut