Inspiratif, Sejarah dan Biografi RA Kartini Pahlawan Emanispasi Wanita Indonesia

Tim iNews.id
Sejarah dan biografi RA Kartini pahlawan wanita Indonesia yang memperjuangkan hak-hak perempuan agar setara dengan laki-laki. (Ist)

Namun, Kartini tidak dapat berjuang lebih lama dalam memperjuangkan derajat wanita karena ia telah wafat pada usia 25 tahun. Ia meninggal empat hari setelah melahirkan putra semata wayangnya, RM Soesalit Djojoadhiningrat yang lahir pada tanggal 13 September 1904, kemudian Kartini menghembuskan nafas terakhirnya.

Delapan tahun kemudian, tepat di tahun 1912, Sekolah Kartini dibangun oleh Yayasan Kartini yang ada di Semarang. Keluarga Van Deventer, tokoh Politik Etis kala itu yang menggagas berdirinya pembangunan sekolah tersebut. Lalu, tak lama pembangunan pun tersebar Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon, dan beberapa daerah lain.

Peringatan Hari Kartini merupakan bentuk untuk menghormati perjuangan dari R.A Kartini dalam mewujudkan kesetaraan, kesempatan antara laki-laki dan perempuan di era modern yang secara khusus, terutama dalam bidang pendidikan dan secara umum kesetaraan gender di semua bidang. Adanya harapan tersebut, kaum perempuan bisa merefleksikan kembali semangat perjuangan Kartini dan menjadi inspirasi bagi perempuan lain di Indonesia.

Setelah wafatnya, R.A Kartini pada 17 September 1904, ada seorang Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda Mr.J.H Abendanon yang membukukan surat-surat Kartini dengan teman-temannya yang ada di Eropa dengan judul “Door Duisternis Tot Licht” yang artinya “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Di dalamnya menceritakan kehidupan perjuangan Ibu Kartini dalam menegakkan hak-hak wanita.

Peran Penting yang Harus dijaga Sebagai Perempuan Indonesia 

Adapun tiga peran penting yang harus dijaga perempuan Indonesia sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada R.A Kartini, sebagai berikut 

1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga perempuan mampu andil peran dalam pembangunan. 

2. Meningkatkan kualitas diri, wawasan ilmu sebagai bekal dalam pendidikan anak-anak. Serta menjadi kartini-kartini milenial yang melek teknologi dan tidak gagap akan informasi yang ada. 

3. Perempuan bebas berekspresi, mengutarakan mimpinya, mewujudkan ide-ide kreatifnya, menyalurkan bakatnya, membuat gerakan dan menyuarakan hasil pemikirannya yang dapat bermanfaat bagi sekitarnya. 

Demikian penjelasan biografi R.A Kartini yang telah memperjuangkan emansipasi wanita.

Editor : Iman Nurhayanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network