Inspiratif, Sejarah dan Biografi RA Kartini Pahlawan Emanispasi Wanita Indonesia

Tim iNews.id
Sejarah dan biografi RA Kartini pahlawan wanita Indonesia yang memperjuangkan hak-hak perempuan agar setara dengan laki-laki. (Ist)

Ketika ia menimba ilmu di sekolah tersebut membuatnya belajar Bahasa Belanda. Kecerdasan Kartini semakin terasah. Sayangnya keinginannya untuk sekolah tidak bisa lama. Pada usia 15 tahun Kartini harus menghentikan langkahnya ke sekolahnya karena telah dipingit oleh K.R.M Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat.

Namun, hal itu membuatnya sangat gundah. Hingga akhirnya ia bertemu dengan sahabatnya dari Eropa dan mempelajari bagaimana seorang wanita Eropa dengan membaca buku, majalah kala itu.  Kemudian ia membandingkannya dengan wanita Indonesia yang sangat berbeda. 

Saat itu, wanita Indonesia Memiliki status yang rendah. Mereka tidak pernah mendapatkan persamaan, kebebasan, dan otonomi serta kesetaraan hukum. Adanya kondisi tersebut membuat miris hati dari R.A Kartini. Ia ingin memajukan nasib wanita pun tumbuh di hatinya. 

Kartini merasa tergugah dan bertekad untuk merubah nasib kaumnya pada masa itu. Setelah dipingit pada usia 15 tahun, akhirnya ia menikah di usia 24 tahun pada tanggal 12 November 1903. Namun sayangnya Kartini bukanlah sebagai istri pertama dari K.R.M Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, melainkan sebagai istri keempat dari Bupati Rembang itu. 

Kala itu suaminya memahami maksud dari Kartini yang ingin memperjuangkan kaumnya, lalu ia mendukung penuh istrinya. Hal tersebut membuat Kartini semakin teguh dalam pendiriannya untuk membebaskan para wanita. 

Editor : Iman Nurhayanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network