get app
inews
Aa Read Next : Aksi Pria Gundul Misterius Gentayangan Di Banyumas, Hendak Lakukan Pencabulan

DPRD Jateng Dorong Kesenian Tradisional Daerah Dipertahankan Seniman

Senin, 13 Juni 2022 | 09:40 WIB
header img
Para narasumber saat berbiacara dalam dialog Laras Budaya yang bertema Eling-Eling Wong Eling Balio Maning di Pendopo Wakil Bupati Banyumas Purwokerto, Sabtu (11/6) malam. Foto: Ist

PURWOKERTO, iNewsJatenginfo.id – Kalangan legislatif mendorong kesenian tradisional di daerah tetap eksis di tengah derasnya budaya modern. 

Terlebih, dampak pandemi Covid-19 yang berkepanjangan sangat dirasakan para pelaku seni. Sehingga kondisi itu seakan membuat orang pesimistis akan masa depan kesenian tradisional. 

Tak sedikit kasus menunjukkan bahwa kesenian tradisional seolah-olah hidup segan mati tak mau, akibat tergilas oleh modernisasi. 

Kondisi demikian bagi sebagian kalangan dianggap mengkhawatirkan, karena jika pendukung kesenian tradisional terus mengalami kemerosotan, maka kesenian tradisional bakal punah digerus budaya modern yang datang dari berbagai negara. 

Sebab itu, DPRD Jateng akan terus mendorong para seniman dapat mempertahankan dan mengembangkan kesenian tradisional daerah yang nyaris punah, akibat semakin banyak kesenian modern. 

Menurut anggota Komisi A DPRD Jateng Asfirla Harisanto budaya lokal merupakan budaya yang dimiliki oleh suatu wilayah dan mencerminkan keadaan sosial di wilayahnya. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut