get app
inews
Aa Read Next : Wakil Ketua PDM Kota Semarang, Prof. Dr. Ahwan Fanani, M.Ag Dikukuhkan sebagai Guru Besar

Menag Yaqut: Aktor Perubahan Harus Disiapkan UIN Walisongo Semarang

Senin, 30 Mei 2022 | 10:49 WIB
header img
Reuni Akbar, Halal Bi Halal dan Pengukuhan PP Kalam UIN Walisongo Semarang. Foto: Istimewa

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, menggelar acara Reuni Akbar, Halal bi halal, sekaligus pengukuhan Pengurus Pusat Keluarga Alumni (Kalam) UIN Walisongo periode 2022-2027 di Semarang, Minggu (29/5). 

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas berharap, Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo bersama alumni mampu menyiapkan aktor-aktor perubahan yang termanifestasikan pada wajah professional para pejabat publik, tokoh agama dan masyarakat, aktivis sosial, serta peran-peran strategis lainnya.

"Dunia saat ini sedang mengalami perubahan yang sangat cepat. Dibutuhkan perubahan paradigma berfikir, pendekatan perjuangan, penyiapan SDM yang berkualitas dan keterampilan menjawab issu-issu keagamaan, kemanusiaan, lingkungan, sains dan teknologi secara cepat juga," tandas Yaqut.

Dalam sambutan yang dibacakan Plt Kepala Balitbang-Diklat yang juga Staf Ahli Menag Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia, Abu Rokhmad tersebut, Menag juga mengingatkan bahwa alumni UIN Walisongo membawa misi yang tidak ringan, yakni warisan intelektual dan misi kejuangan Walisongo.

"UIN Walisongo sebagai bagian dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di nusantara serta alumninya harus terus menebar manfaat dan maslahat untuk umat, seperti yang telah dilakukan Walisongo", terang Yaqut.

Sementara, Rektor UIN Walisongo, Imam Taufiq mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada pengurus yang telah dikukuhkan. 

Dia berharap kepengurusan yang ada dapat bekerja dengan cepat serta menyusun berbagai program strategis.  

Taufiq menyebut, sejak IAIN Walisongo berdiri 1970 dan berubah menjadi UIN hingga Mei 2022 telah meluluskan 45.612 orang. 

Dia berharap pengurus alumni mampu meramu berbagai potensi dan kekuatan sumber daya yang ada, agar menjadi kekuatan yang dahsyat, terus mengembangkan dakwah wasathiyah, serta melakukan penguatan moderasi beragama di masyarakat, sebagaimana misi dakwah Walisongo.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut