get app
inews
Aa Read Next : Menggapai Cita – Cita Pendidikan Melalui Merdeka Belajar

LPDP dan Upaya Peningkatan SDM Indonesia

Senin, 01 April 2024 | 17:57 WIB
header img
Eko Putra Nurul Huda. Foto: Ist

iNewsJatenginfo.id - Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia (Nelson Mandela). Pendidikan merupakan proses perbaikan dan penguatan terhadap potensi yang dimiliki manusia. Sebagai sebuah proses, pendidikan berupaya untuk memunculkan segenap kemampuan manusia yang bermanfaat bagi sesama. Pendidikan adalah pondasi bagi kemajuan individu dan juga masyarakat. Pendidikan memeberikan pengetahuan dan ketrampilan untuk membekali individu dalam mengarungi kehidupan di masa yang akan datang. Selain itu, pendidikan juga memberikan peluang agar manusia mendapatkan pekerjaan yang layak, dan juga memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat.

Salah satu tantangan pendidikan di Indonesia adalah akses yang merata dan pembangunan kualitas sumber daya manusia. Dalam acara Temu Tahunan Rektor Indonesia, pada Senin (15/01/2024), Presiden Joko Widodo kaget melihat rasio penduduk Indonesia yang berpendidikan S2 dan S3. rasionya di tanah air hanya 0,45%, sedangkan di negara tetangga seperti Vietnam, Malaysia sudah di angka 2,43% dan di negara maju 9,8%. Menurut catatan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), pada tahun 2022 ada 882.113 orang yang mengenyam pendidikan S2 dan sebanyak 63.315 yang mengenyam pendidikan S3. 

Masih banyak anak-anak Indonesia terkendala oleh biaya pendidikan yang tinggi, sehingga potensi mereka tidak dapat sepenuhnya dikembangkan. Akses pendidikan tinggi seringkali terbatas pada mereka yang memiliki latar belakang ekonomi yang mapan, meninggalkan banyak individu berbakat dari latar belakang ekonomi menegah ke bawah terpinggirkan. Ini menciptakan kesenjangan ekonomi dan sosial yang besar di masyarakat. Selain itu, rendahnya kualitas sumebr daya manusia juga menjadi hambatan serius bagi pembangunan nasional.

Keterbatasan dalam mengakses pendidikan tinggi dan kurangnya dukungan untuk pengembangan profesional menghasilkan kurangannya tenaga kerja yang terampil dan terdidik. Sebagai akibatnya, Indonesia mengalami kesulitan dalam bersaing di pasar global dan mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Selain itu, kurangnya kesempatan untuk mengakses pendidikan tinggi juga menghambat pertumbuhan ekonomi dan inovasi di Indonesia. 

LPDP dan Peningkatan SDM Indonesia

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah lembaga berbentuk badan Layanan Umum. Program layanan LPDP terdiri dari beasiswa dan pendanaan riset. LPDP dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus melakukan kolaborasi untuk mengupayakan dan mempersiapkan SDM Indonesia yang memiliki kompetensi dan daya saing. LPDP dan Kemendikbud terus melakukan upaya untuk memperluas akses pendidikan bagi masyarakat Indonesia. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut