get app
inews
Aa Read Next : BNPB Laporkan 22 Kejadian Bencana Melanda Sepekan Terakhir, Banjir Masih Mendominasi

Semarang Dikepung Banjir, Guru Besar Undip Ungkap Sejumlah Faktor Penyebabnya

Jum'at, 15 Maret 2024 | 22:33 WIB
header img
Banjir menggenangi kawasan Polder Tawang Kota Lama Semarang, Kamis (14/3/2024). (foto: A.Antoni)

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id – Banjir melanda Kota Semarang setelah diguyur hujan dengan intensitas sedang dan tinggi pada Rabu (13/3/2024) malam menyebabkan genangan air di puluhan titik.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tinggi muka air berkisar 15 hingga 80 cm pada Rabu, 13 Maret 2024 tengah malam 22.35 WIB. 

Pada saat yang sama, Banjir Kanal Timur juga meluap hingga memenuhi jalan di sampingnya dan sejumlah wilayah di Kawasan Gayamsari akibat guyuran hujan di Kota Semarang. 

Peristiwa meluapnya Banjir Kanal Timur ini juga pernah terjadi pada satu dasa warsa lalu yaitu 4 Februari 2014 akibat hujan selama 2 hari. Ketika itu ketinggian air di beberapa titik genangan di Kota Semarang mencapai 30-80 cm.

Mengapa banjir bisa terjadi, dan mengapa hujan bisa terjadi terus menerus? Sejak sepekan yang lalu hasil pemantauan BMKG telah menginformasikan tumbuhnya bibit badai siklon tropis 91S di Samudra Hindia bagian tenggara, selatan Pulau Jawa dengan kecepatan angin 25-45 knots dan akan menjadi siklon tropis kategori sedang-tinggi dan bergerak menjauhi wilayah Indonesia. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut