get app
inews
Aa Read Next : Tengah Jalani Upacara Bendera, Puluhan Siswa di Sleman Kesurupan

Kawasan Ikonik dan Andalan di Yogyakarta, Tahukah Kamu Asal Usul Nama Malioboro?

Sabtu, 17 Februari 2024 | 13:26 WIB
header img
Asal usul nama Malioboro (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Asal usul nama Malioboro bisa menjadi referensi Anda bagi yang suka jalan-jalan. Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, ada satu tempat yang wajib Anda kunjungi, yaitu Malioboro. 

Malioboro adalah nama jalan sekaligus kawasan yang menjadi pusat aktivitas dan perbelanjaan di Kota Yogyakarta. Di sini, Anda bisa menikmati suasana kota yang kental dengan nuansa budaya Jawa, berjalan-jalan di trotoar yang luas, berbelanja aneka cinderamata dan makanan khas, atau naik becak dan andong untuk melihat-lihat pemandangan sekitar.

Namun, tahukah Anda dari mana asal-usul nama Malioboro? Ternyata, ada beberapa versi yang beredar tentang sejarah dan makna di balik nama Malioboro. Berikut adalah beberapa versi yang paling populer:

Asal-usul Nama Malioboro

Versi Marlborough

Versi ini mengatakan bahwa nama Malioboro berasal dari nama seorang tokoh militer Inggris, Marlborough, yang pernah datang ke Yogyakarta pada abad ke-19. Konon, orang Jawa sulit mengucapkan nama Marlborough, sehingga mereka menyebutnya Malioboro. 

Namun, versi ini diragukan kebenarannya, karena tidak ada bukti sejarah yang menyebutkan adanya perwira Inggris bernama Marlborough yang pernah berada di Yogyakarta. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut