get app
inews
Aa Read Next : Pendiri Polmark Indonesia Ungkap Lima Modus Pencurian Suara pada Pemilu 2024, Ini Penjelasannya

Inovasi dan Digitalisasi UMKM: Langkah Strategis Nur Ma'ruffin di Pemilu 2024

Jum'at, 19 Januari 2024 | 01:56 WIB
header img
Nur Ma'ruffin selaku Calon Anggota DPRD Kabupaten Kendal Dapil I. Foto: Ist

KENDAL, iNewsJatenginfo.id - Nur Ma'ruffin selaku Calon Anggota DPRD Kabupaten Kendal menyelenggarakan kampanye di beberapa desa daerah pemilihan 1 Kabupaten Kendal. Caleg dari Partai Golkar tersebut menyapa masyarakat sekitar dan menyinggung terkait kemajuan teknologi dan informasi, Menurutnya, kemajuan teknologi dapat mendatangkan dampak negatif dan juga positif tergantung bagaimana dan untuk apa kemajuan itu difungsikan.

Hampir semua orang yang ditemui pada saat kampanye tersebut mengaku memiliki gadget pribadi, yang berarti kemajuan teknologi sudah menjamah sampai ke desa-desa yang ada di daerah Kendal. Mulai dari orang tua hingga anak-anak, tidak ada yang asing dengan benda kecil yang banyak fungsi tersebut (baca: smartphone).

"Kemajuan teknologi, harus betul-betul dimanfaatkan sebagai momentum yang baik dan dapat membawa pengaruh positif untuk kehidupan jangka panjang kita." ungkapnya saat menyampaikan pidato. 

Lebih lanjut, Ia mengatakan sesuatu yang diagung-agungkan sebagai kemajuan ini bisa jadi kemunduran bagi sebagian orang, disebabkan oleh ketidaktahuannya tentang bagaimana seharusnya teknologi tersebut dimanfaatkan.

Salah satu inovasi yang ditawarkan Nur Ma'ruffin dalam rangka memanfaatkan kemajuan teknologi adalah dengan melakukan digitalisasi UMKM. Menurutnya, Jawa Tengah merupakan salah satu daerah dengan pelaku UMKM terbanyak, dan Kendal memiliki potensi yang baik untuk menjalankan inovasi dan digitalisasi UMKM. Digitalisasi tersebut dapat dilakukan khususnya saat proses pemasaran, jangkauan yang diperoleh pelaku usaha akan jauh lebih luas dibandingkan dengan hanya memasarkannya secara konvensional saja.

“Inovasi dan Digitalisasi UMKM ini menjadi salah satu langkah strategis untuk memajukan pelaku usaha yang ada di daerah Kendal dan memicu mereka untuk mulai merambah ke dunia digital,” ujarnya.

Hal ini tentu menjadi nilai tawar yang menggiurkan, karena ia juga berkomitmen untuk menyediakan pelatihan-pelatihan atau pendampingan khusus yang berfokus pada digitalisasi UMKM di daerah Kendal.

Inovasi ini menjadi salah satu harapan yang nantinya dapat meningkatkan kemandirian finansial masyarakat setempat. Hingga saat ini, Nur Ma'ruffin masih terus melakukan kunjungan-kunjungan di berbagai desa di Dapil 1 Kendal sebagai ikhtiarnya untuk mendengarkan aspirasi masyarakat dan menyampaikan visi yang dia bawa.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut