get app
inews
Aa Read Next : Belajar dari Peristiwa Ketua OSIS SMAN 1 Cawas Tewas, Ini Alasan Tubuh yang Basah Mudah Tersetrum

Wajib Tau! Inilah 10 Makanan Khas Klaten, Murah, Enak dan Memanjakan Lidah

Senin, 04 Desember 2023 | 23:47 WIB
header img
Sop ayam pecok,makanan khas Klaten ini cukup populer karena kaldu ayamnya yang enak, juga proses memasak yang berbeda dari olahan ayam lain. (Istimewa)

4. Sego Tumpang Lethok

Makanan khas Klaten Sego Tumpang Lethok wajib dicoba bagi pecinta olahan daun pepaya. Hidangan khas Klaten ini berisikan telur rebus dan daun pepaya nangka muda, bacem, daun jeruk, koyor dan krecek yang kemudian disiram dengan kuah sambal tumpang. Kuah sambal tumpang adalah salah satu sajian yang terbuat campuran tempe, santan, cabai dan aneka rempah lainnya. Perpaduan rasa yang pas dan tentunya nikmat akan semakin lengkap dijadikan sebagai menu sarapan. 

5. Sego Wiwit

Sego Wiwit sudah pasti ada di dalam daftar menu yang tidak boleh terlewatkan saat diadakan tradisi Selamatan(Sedekah Bumi) di daerah Klaten. Seiring berkembangnya zaman maka kuliner ini bisa kamu temukan di berbagai tempat makan di Klaten. Dimana, kamu akan mendapatkan seporsi Sego Wiwit yang berisikan sayur, nasi, aneka lauk dan lalapan. 

6. Soto Bebek

Makanan khas di Klaten Soto Bebek ini bakal jadi salah satu soto favoritmu, Soto Bebek. Seperti namanya, Soto Bebek berbahan dasar daging bebek sebagai bahan utamanya. Potongan daging bebek yang empuk dan gurih bakal semakin nikmat ketika ditambahkan siraman kuah bening kaya rempah. Kaldu yang gurih dan nikmat dijamin bakal bikin kamu tergoda untuk segera menyantap Soto Bebek khas Klaten ini. Pengunjung bisa memilih soto khas Klaten ini dengan dua varian penyajian sesuai selera. Yakni, dipisah antara nasi dengan sotonya maupun dicampur. 

7. Bakmi Miroso

Makanan khas Klaten legendaris Bakmi Miroso ini wajib banget untuk kamu kunjungi ketika bertandang ke Kota Klaten. Bakmi Miroso sendiri adalah olahan sejenis chinese food halal dan mudah ditemukan di daerah Klaten. Bakmi Miroso berisi ayam koloke, nasi goreng dan mie pangsit. Ketiga varian makanan tersebut dibuat menggunakan resep turun temurun yang tentunya sudah pasti nikmat. 

8. Wajik Khas Klaten

Di Jawa Tengah, jajanan Wajik sudah pasti tak asing di telinga masyarakatnya. Makanan khas Klaten ini mempunyai kelezatan yang berbeda dan unik. Berbahan utama beras ketan dan campuran gula merah membuat Wajik Khas Klaten punya cita rasa manis serta legit yang khas. Perpaduan rasa yang sempurna dan tentunya juga nikmat bakal bikin kamu tergoda untuk menikmatinya lagi dan lagi. 

9. Geplak Khas Klaten

Makanan khas Klaten berbahan dasar kelapa memang tidak pernah ada habisnya, masih ada Geplak yang wajib dicoba. Cemilan khas Klaten ini terbuat dari parutan kelapa dengan cita rasa manis, legit dan teksturnya sedikit kasar. Proses memasaknya juga mudah, yaitu parutan kelapa dimasak dengan tambahan gula. Dibentuk menyerupai bola bola kecil makin membuat Geplak terlihat menarik dan menggugah selera. Apalagi dengan beragam pilihan warna, makin membuat kamu berselera untuk segera menyantapnya. Tidak hanya itu, Geplak khas Klaten juga tahan lama, jadi cocok untuk dijadikan buah tangan bagi keluarga di rumah. 

10. Slondok

Slondok, makanan berbentuk cincin ini merupakan oleh-oleh khas Klaten yang tidak boleh kamu lewatkan. Slondok berbahan utama singkong yang sudah digiling dan direbus bersama bumbu khusus. Setelah matang dan tercampur, adonan Slondok akan dibentuk seperti cincin dan dijemur sampai kering. Selanjutnya, Slondok yang sudah kering akan digoreng sampai matang. Perpaduan teksturnya yang renyah serta beragam pilihan rasa. Itulah rekomendasi 10 makanan khas Klaten yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut