Logo Network
Network

Wajib Tau! Inilah 10 Makanan Khas Klaten, Murah, Enak dan Memanjakan Lidah

Ahmad Antoni
.
Senin, 04 Desember 2023 | 23:47 WIB
Wajib Tau! Inilah 10 Makanan Khas Klaten, Murah, Enak dan Memanjakan Lidah
Sop ayam pecok,makanan khas Klaten ini cukup populer karena kaldu ayamnya yang enak, juga proses memasak yang berbeda dari olahan ayam lain. (Istimewa)

KLATEN, iNewsJatenginfo.id – Berikut ini rekomendasi 10 makanan khas Klaten yang wajib kamu cicipi. Kabupaten Klaten, Jawa Tengah tak hanya memiliki beragam mata air yang eksotis, tapi juga beragam kuliner yang memanjakan lidah.

Ragam kuliner di Klaten ini memiliki keunikan dan kekhasan dengan cita rasa yang dijamin enak. Penasaran? Berikut ini rekomendasi 10 makanan khas Klaten yang dihimpun dari berbagai sumber.

10 Makanan Khas Klaten

1. Sop Ayam Pecok

Makanan khas Klaten ini cukup populer karena kaldu ayamnya yang enak, juga proses memasak yang berbeda dari olahan ayam lain. Rasa yang disuguhkan tentunya lezat dan bakal menghipnotis kamu ketika mulai menyuapnya. Pecok sendiri berarti daging ayam yang dipotong acak langsung bersama tulangnya. Dari sinilah keunikan Sop Ayam Pecok diperoleh. Perpaduan rasa gurih dan tentunya nikmat bakal bikin kamu tergoda menjajal lagi dan lagi Sop Ayam Pecok khas Klaten.

2. Nasi Trancam Khas Klaten

Nasi Trancam khas Klaten ini menawarkan isian sehat dan segar berupa kacang panjang, kol, mentimun, petai cina, kemangi juga tambahan parutan kelapa yang sudah diberi bumbu pedas. Terdengar cukup unik dan menarik, ternyata Nasi Trancam juga disebut saladnya orang Indonesia. Perpaduan rasa gurih, pedas, manis dan asin bakal bikin rasa yang dijamin bikin ngiler.

3. Sego Gudangan

Di Klaten apalagi saat pagi hari, banyak ditemukan warung yang menyediakan Sego Gudangan. Dalam istilah bahasa Indonesia sego artinya nasi, sedangkan gudangan berarti urap, sehingga masyarakat juga menyebutnya nasi urap. Makanan khas Klaten ini memang terkenal akan aneka sayur dan sejenis acar yang dihidangkan. Sudah pasti karena sayur-sayuran terkandung di dalam Sego Gudangan memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selanjutnya, kedua bahan tersebut ditambah dengan bubuk kacang dan parutan kelapa serta siraman saus tempe. 

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini