get app
inews
Aa Read Next : BEM KM Unnes Tingkatkan Kesadaran Gen Z Terhadap Tantangan dan Ancaman di Kawasan Asia Pasifik

Kolaborasi FISIP dengan MGMP dan Asosiasi Guru Lingkup Ilmu Sosial Selenggarakan Seminar Nasional

Kamis, 26 Oktober 2023 | 14:42 WIB
header img
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNNES telah menyelanggarakan Seminar Nasional dengan tajuk “Inovasi Penelitian dan Pendidikan Ilmu Sosial di Indonesia” Rabu (25/10). Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNNES telah menyelanggarakan Seminar Nasional dengan tajuk “Inovasi Penelitian dan Pendidikan Ilmu Sosial di Indonesia” Rabu (25/10). Kegiatan ini bertujuan menghidupkan kembali jejaring akademik yang sempat vacum di masa Pandemi.

Kegiatan ini menghadirkan dua pembicara, yaitu Prof. Saliman pakar Pendidikan IPS dari Universitas Negeri Yogyakarta dan Dr. Muh. Sholeh pakar Pendidikan IPS dari Universitas Negeri Semarang. Kegiatan dimoderatori oleh Andy Suryadi, S.Pd., M.Pd., yang juga merupakan Koordinator Program Studi Pendidikan Sejarah S1 FISIP UNNES.

Kegiatan ini diikuti oleh 120 peserta dari beragam kalangan; Guru 60 orang, Mahasiswa 40 orang, dan Pemakalah 20. Seminar Nasional kali ini diikuti oleh peserta dari 9 Provinsi; Kalimantan Tengah, Sumatera Utara, DI Yogyakarta, Kepulauan Bangka Belitung, Riau, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Seminar ini dapat terlaksana dengan kolaborasi yang baik antara FISIP dengan  MGMP dan Asosiasi Guru lingkup ilmu sosial di Indonesia; IPS SMP, Geografi, Ekonomi, Sejarah, APEPSI (Asosiasi Pendidik Edukasi Pengetahuan Sosial Indonesia), dan AGSI (Asosiasi Guru Sejarah Indonesia).

Ganda Febri Kurniawan, M.Pd., selaku ketua pelaksana menyatakan “Seminar ini adalah bentuk kolaborasi baru antara FISIP, organisasi guru, dan insan akademik di Indonesia, kami berupaya menggeser tradisi bahwa seminar adalah kegiatan formalitas yg biasanya diikuti peserta dg pengerahan massa, kami ingin bergeser dari kuantitas menuju kualitas sehingga peserta kegiatan ini adalah mereka yg terpanggil untuk berkontribusi dan memiliki gairah dalam mengembangkan ilmu sosial di Indonesia”.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut