get app
inews
Aa Read Next : Walikota Semarang Tekankan Kolaborasi Semua Elemen Atasi Dampak Kekeringan

Atasi Dampak El Nino, Pemerintah akan Salurkan BLT Sebesar Rp7,52 Triliun Bulan Depan

Rabu, 25 Oktober 2023 | 23:27 WIB
header img
Pemerintah akan menyalurkan BLT El Nino sebesar Rp200.000 pada November-Desember 2023. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, mengatakan pemerintah akan mengucurkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk mengatasi dampak El Nino atau BLT El Nino sebesar Rp7,52 triliun di bulan depan.

Menurut Menkeu, BLT El Nino diberikan sebesar Rp200.000 per orang selama dua bulan, dan menyasar 18,8  juta keluarga penerima manfaat (KPM).  Penyaluran BLT tersebut akan dilakukan Kementerian Sosial (Kemensos). 

"BLT ini diberikan senilai Rp200.000 selama 2 bulan, dimulai November dan Desember 2023," ujar Sri Mulyani, dalam Konferensi Pers APBN KITA edisi Oktober 2023 di Jakarta, Rabu (25/10/2023). 

Menurut dia, data 18,8 juta KPM ini sudah resmi tersimpan di dalam database Kemensos, berupa nama, alamat, dan nomor rekening penerima. "Mereka ini akan mendapatkan Rp200 ribu per bulan, karena sudah terdata di Kemensos jadi tidak perlu lagi mencari siapa targetnya," ungkap Sri Mulyani.

Dia menyampaikan, dengan adanya BLT El Nino ini, diharapkan daya beli masyarakat bisa terjaga sehingga ekonomi RI tetap bisa bertahan di kisaran 5,1 persen menghadapi sejumlah tantangan yang melanda.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut