get app
inews
Aa Read Next : Atasi Dampak El Nino, Pemerintah akan Salurkan BLT Sebesar Rp7,52 Triliun Bulan Depan

Dampak El Nino, SMK Muhammadiyah 1 Semarang Gelar Salat Istisqa dalam Momentum Maulid

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 22:34 WIB
header img
SMK Muhammadiyah  1 Semarang melaksanakan salat istisqa ditengah kondisi kekeringan yang melanda berbagai daerah khususnya Kota Semarang. Salat ini diikuti oleh seluruh guru, karyawan, serta siswa-siswi pada, Jumat (6/10/2023). Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.idSMK Muhammadiyah 1 Semarang melaksanakan salat istisqa ditengah kondisi kekeringan yang melanda berbagai daerah khususnya Kota Semarang. Salat ini diikuti oleh seluruh guru, karyawan, serta siswa-siswi pada, Jumat (6/10/2023).

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Semarang, Lukman Hakim menjelaskan pelaksanaan salat berbarengan dengan memeringati Maulid Nabi Muhammad SAW. Menurutnya, hal ini sekaligus menanamkan semangat cinta kelestarian alam seperti yang Rasulullah ajarkan.

“Bahwa nabi memerintahkan kepada kita untuk peduli kepada alam, maka momentum maulid yang biasanya diisi dengan rangkaian kegiatan pengajian. Pada kesempatan ini siswa-siswi dibangun kesadarannya terhadap kelestarian alam,"

Adanya Salat istisqa ini memiliki  harapan besar Allah segera menurunkan hujan ditengah kekeringan yang terjadi saat ini.

“Dengan salat istisqa, salat untuk berdoa kepada Tuhan agar segera diberikan hujan. Karena El Nino menurut BMKG masih akan berlanjut sampai 2024. Tetapi ada angin dingin dari Asia mulai November dan mulai hujan. Kita berharap Oktober sudah ada hujan. Supaya kekeringan tidak melanda Indonesia khususnya di Jateng,” ucap Lukman.

Selain pengajian,  sebagai Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang bertema gaya hidup berkelanjutan. Siswa-siswa SMK Muhammadiyah 1 Semarang juga diberi kesempatan menampilkan aksi teatrikal, pembaacaan puisi, dan hadrah sebagaimana tema “Meneladani Nabi, Bumi Lestari”.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut