Logo Network
Network

Dinkes Kota Pekalongan Genjot Capaian Imunisasi Dasar Pada Baduta

Trias Purwadi
.
Kamis, 28 September 2023 | 14:58 WIB
Dinkes Kota Pekalongan Genjot Capaian Imunisasi Dasar Pada Baduta
Bayi bawah dua tahun mendapat imunisasi. Foto: Ist

PEKALONGAN, iNewsJatenginfo.id - Dinas Kesehatan menggenjot capaian imunisasi dasar pada baduta dengan rentang usia 0-24 bulan Hal ini dimaksudkan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh merangsang terbentuknya zat antibodi sehingga mereka terlindungi dari penularan penyakit tertentu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto melalui pengelola program imunisasi, Samsiyah Ratnawati saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (27/9/2023) menyebutkan bahwa hingga bulan Agustus, pihaknya telah memberikan imunisasi sebanyak 3.291 balita, adapun target untuk tahun ini 5ribu balita.

Guna mengejar capaian tersebut, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan terus melaksanakan upaya persuasi ke masyarakat, memasifkan petugas melakukan kunjungan ke rumah warga, memanfaatkan media sosial, serta persuasi dengan pemegang kebijakan untuk memberikan dukungan dan dorongan masyarakat.

“Partisipasi masyarakat sangat kita butuhkan, sejauh ini sudah baik namun masih ada dari mereka kurang paham sangat pentingnya dan manfaat imunisasi,” terangnya.

Samsiyah menjelaskan ada 14 jenis vaksin atau imunisasi yang harus dilengkapi oleh balita 0-24 bulan antara lain hepatitis 0/HB 0, Bacillus Calmette-Guerin/BCG/, pentavalen (difteri, baktosis, tetanus, hepatitis dan meningitis), polio, Measles/MR (campak, rubella), Pneumococcal Conjugate Vaccine/ PCV, Rotavirus/RV, Inactivated Poliovirus Vaccine/IPV, dan Human Papillomavirus/HPV.

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini