get app
inews
Aa Read Next : Atasi Masalah Jerawat dengan Teknologi Radiofrequency

Dinkes Kota Pekalongan Genjot Capaian Imunisasi Dasar Pada Baduta

Kamis, 28 September 2023 | 14:58 WIB
header img
Bayi bawah dua tahun mendapat imunisasi. Foto: Ist

PEKALONGAN, iNewsJatenginfo.id - Dinas Kesehatan menggenjot capaian imunisasi dasar pada baduta dengan rentang usia 0-24 bulan Hal ini dimaksudkan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh merangsang terbentuknya zat antibodi sehingga mereka terlindungi dari penularan penyakit tertentu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto melalui pengelola program imunisasi, Samsiyah Ratnawati saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (27/9/2023) menyebutkan bahwa hingga bulan Agustus, pihaknya telah memberikan imunisasi sebanyak 3.291 balita, adapun target untuk tahun ini 5ribu balita.

Guna mengejar capaian tersebut, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan terus melaksanakan upaya persuasi ke masyarakat, memasifkan petugas melakukan kunjungan ke rumah warga, memanfaatkan media sosial, serta persuasi dengan pemegang kebijakan untuk memberikan dukungan dan dorongan masyarakat.

“Partisipasi masyarakat sangat kita butuhkan, sejauh ini sudah baik namun masih ada dari mereka kurang paham sangat pentingnya dan manfaat imunisasi,” terangnya.

Samsiyah menjelaskan ada 14 jenis vaksin atau imunisasi yang harus dilengkapi oleh balita 0-24 bulan antara lain hepatitis 0/HB 0, Bacillus Calmette-Guerin/BCG/, pentavalen (difteri, baktosis, tetanus, hepatitis dan meningitis), polio, Measles/MR (campak, rubella), Pneumococcal Conjugate Vaccine/ PCV, Rotavirus/RV, Inactivated Poliovirus Vaccine/IPV, dan Human Papillomavirus/HPV.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut