get app
inews
Aa Read Next : Kholid Rosyadi: Semua Siswa Memiliki Kesempatan yang Sama untuk Kuliah

Melalui Program KIP Kuliah, Pemerintah Terus Komitmen Tingkatkan Kualitas SDM

Rabu, 16 Agustus 2023 | 13:48 WIB
header img
Program KIP Kuliah (sumber: Sindonews)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Presiden Joko Widodo mengungkapkan harapannya kepada generasi muda agar mempersiapkan diri secara optimal dalam menghadapi tantangan menuju Indonesia Emas 2045. Salah satu langkah penting dalam hal ini adalah dengan mendapatkan kepercayaan dari international trust atau komunitas internasional.

Sebagai bagian dari persiapan untuk memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, Presiden Jokowi telah menginisiasi langkah-langkah konkret seperti pengalokasian anggaran untuk perlindungan sosial, termasuk program Kartu Indonesia Pintar (KIP) serta Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP kuliah).

“Dengan international trust yang tinggi kredibilitas kita akan lebih diakui, kedaulatan kita akan lebih dihormati. Suara Indonesia akan lebih didengar sehingga memudahkan kita dalam bernegosiasi,” kata Jokowi dalam pidato kenegaraan sidang tahunan MPR DPR 2023 di Jakarta, Rabu (16/8).

Jokowi dengan tegas menekankan bahwa potensi-potensi ini harus dapat diambil manfaatnya dengan baik. Selain berbagai program seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Sembako, pemerintah juga fokus pada peningkatan keterampilan tenaga kerja melalui inisiatif re-skilling dan up-skilling melalui lembaga seperti Balai Latihan Kerja serta Program Kartu Pra-Kerja.

“Rugi besar kita jika melewatkan kesempatan ini karena tidak semua negara memilikinya dan belum tentu kita akan kembali memilikinya. Sehingga strategi pertama untuk memanfaatkan kesempatan ini adalah mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia,” tuturnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut