get app
inews
Aa Read Next : SKTM Bisa Digunakan Calon Pendaftar KIP Kuliah 2024, Benarkah?

Kholid Rosyadi: Semua Siswa Memiliki Kesempatan yang Sama untuk Kuliah

Kamis, 01 Februari 2024 | 01:56 WIB
header img
Kholid Rosyadi. Foto: Ist

iNewsJatenginfo.id - Peluang setiap siswa untuk menempuh pendikan tinggi semakin terbuka lebar. Hal ini dikarenakan hadirnya program KIP Kuliah. Dilansir dari situs resminya, KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Menurut Kholid Rosyadi kehadiran KIP Kuliah ini sangat membantu siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk tetap melanjutkan proses belajar. Sebagai salah satu guru yang konsisten mendaftarkan anak didiknya melalui program ini, ia mengaku tidak kehabisan strategi dalam segala persiapan menghadapi proses ujian masuk perguruan tinggi.

“Bagi saya, semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk belajar di perguruan tinggi. Kehadiran KIP Kuliah ini adalah salah satu penunjang pentingya. Maka dari itu, sejak pertama kali kebijakan ini dibuat, saya sangat mendukung penuh kebijakan ini”, katanya.

Meski semua siswa memiliki kesempatan yang sama, menurut pria asli Prawoto Pati ini, tetap ada strategi yang harus diperhatikan. “Strategi yang kami pakai biasanya mempersiapkan sejak sedini mungkin sejak kelas X. Upaya itu bisa memperkenalkan anak didik dengan soal-soal ujian masuk perguruan tinggi”, imbuhnya.

Try Out juga sering kami lakukan untuk mengetahui dan mengevaluasi sejauh mana kemampuan anak didik.  Terkadang upaya ini dilakukan serentak antara kelas X, XI, dan XII. Terakhir Kholid Rosyadi juga menambahkan setragi yang tak kalah penting yakni program studi tujuan, “kami akan menganalisis haril try out siswa, lalu disandingkan dengan database yang biasa digunakan sebagai tolok ukur untuk memperbesar kemungkinan lolos perguruan tinggi”.

Karena bentuk kepeduliannya terhadap sektor pendidikan, Kholid Rosyadi selalu menekankan bahwa  pendidikan mampu membentuk akhlak seseorang. Maka dari itu, ia tidak henti-hentinya menggaungkan kehadiran KIP Kuliah sebagai instrumen penting yang harus dimanfaatkan oleh siswa dengan kemampuan ekonomi terbatas, khususnya di wilayah Prawoto Pati dan sekitarnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut