get app
inews
Aa Read Next : Siap Ikuti Liga 3, Persibara Banjarnegara Mulai Berburu Pemain

Sambut Bulan Ramadan, Ini Budaya Nyadran Kampung Gagot di Banjarnegara

Kamis, 09 Maret 2023 | 11:54 WIB
header img
Warga Kampung Gagot Banjarnegara saat menggelar Nyadran sebagai tradisi budaya jelang ramadan. Foto. dok Kampung Gagot Banjaregara.

BANJARNEGARA, iNewsJatenginfo.id - Masyarakat Kampung Gagot, Desa Kutawuluh Banjarnegara menggelar tradisi nyadran di kampung mereka dengan bersih desa dan ziarah makam untuk mendoakan para leluhur dan orang tua menjelang bulan ramadan.

Upacara Nyadran sudah menjadi tradisi dan warisan jelang bulan ramadan yang dilaksanakan untuk mengirim doa sebagai wujud bakti terhadap leluhur dan orang tua jelang datangnya bulan ramadan.

Nyadran dilakukan warga Kampung Gagot dengan diawali melakukan ziarah makam sesepuh untuk melakukan doa bersama. Tak hanya itu, setelah melakukan doa bersama, warga juga erkumpul di balai adat Kampung Gagot untuk berdiskusi dan makan bersama.

Tokoh Pemuda Kampung Gagot Amrullah mengatakan, budaya Nyadran merupakan warisan busaya dalam menghormati dan mendoakan para leluhur, termasuk keluarga yang sudah meninggal.

Selain itu, Nyadran juga bagian dari upaya bersih diri serta menyiapkan mental dan segara sesuatunya bagi masyarakat dalam menyambut bulan ramadan. "Nyadran ini juga sebagai pengingat agar mereka yang masih hidup ingat dengan yang sudah meninggal dunia. Kegiatan ini dilakukan rutin setahun dua kali, yakni setiap menjelang bulan ramadan," katanya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut