get app
inews
Aa Read Next : Siap Ikuti Liga 3, Persibara Banjarnegara Mulai Berburu Pemain

Akibat Tertimpa Longsor, Tiga Rumah Warga di Desa Ambal Banjarnegara Rusak

Jum'at, 31 Maret 2023 | 13:28 WIB
header img
Kondisi ruah wilik warga di Desa Ambal, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara rusak setelah diterjang longsor pada, Kamis (30/3/2023) malam. foto. dok PMI Banjarnegara.

BANJARNEGARA, iNewsJatenginfo.id - Hujan lebat yang terjadi di wilayah Kecamatan Karangkobar menyebabkan tebing setinggi 5 meter yang ada di Dusun Klesem RT 05 RW 02, Desa Ambal, Kecamata Karangkobar longsor dan menimpa tiga rumah warga.

Kejadian tersebut bermula saat wilayah hujan dengan intensitas tinggi terjadi di wilayah Kecamatan Karangkobar sejak sore hingga malam hari. Sekitar pukul 21.15 WIB, warga mendengar suara gemuruh yang ternyata tebing setinggi 5 meter longsor.

Material longsoran juga menimpa tiga rumah warga, yakni rumah milik Rasman, Mirah, dan Jemi. Tiga rumah tersebut mengalami kerusakan ringan hingga sedang. Untuk sementara, para pemilik rumah mengosongkan rumah sebagai tindak antisipasi akan terjadinya longsor susulan.

"Kami menerima laporan habis salat tarawih, ada warga yang mendengar suara gemuruh, ternyata ada tebing longsor dan menimpa rumah milik warga," kata Kepala Desa Ambal Supriyanto.

Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini, namun jika melihat kerusakan yang dialami tiga rumah warga tersebut, kerugian material ditaksir mencapai Rp 35 juta. Kejadian ini juga sudah dilaporkan pada Forkompinca Karangkobar, RAPI Lokal Karangkobar, dan BPBD Banjarnegara.

Koordinator Relawan PAPI Banjarnegara Tejo Sumarno mengatakan, dengan cuaca yang masih hujan, proses evakuasi tidak bisa dilakukan malam itu, sehingga para relawan hanya melakukan penjagaan dan meninkatkan kewaspadaan. Proses evakuasi dan pembersihan material baru bisa dilakukan pagi ini bersama dengan para relawan gabungan baik dari PMI, BPBD, TNI, Polri, dan masyarakat umum.

"Pagi ini kita sudah memberangkatkan tim relawan, termasuk dengan tim relawan dari BPBD, PMI, Damkar, dan tim gabungan lain untuk melakukan pembersihan material longsoran," katanya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut