get app
inews
Aa Read Next : Polisi Amankan Seorang Perempuan di Jepara Lantaran Buang Bayi yang Baru Dilahirkan

PPG Unnes Sinergi dengan MTs di Jepara, Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka dan Platform Canva

Minggu, 26 Februari 2023 | 21:59 WIB
header img
Tim Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Universitas Negeri Semarang (Unnes) bersinergi dengan MTs, Sabtu, (25/2/2023). Foto: Ist

JEPARA, iNewsJatenginfo.id – Tim Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Universitas Negeri Semarang (Unnes) bersinergi dengan MTs, Sabtu, (25/2/2023). 

Muhammadiyah Nalumsari Jepara mengadakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pemanfaatan Platform Canva. Workshop tersebut diikuti oleh 13 guru dan staf pengajar.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum baru yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolog (Kemendikbudristek) dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. 

Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka ini dilaksanakan selama satu hari dan dipandu oleh sejumlah narasumber dengan menghadirkan Angga Sofyana Widyatama, sebagai salah satu mahasiswa PPG Prajabatan Unnes sebagai narasumber, serta Achmad Muslichun salah satu pemateri ahli Media yang merupakan salah satu founder E-Guru dan juga merupakan Awardee LPDP yang sekarang tengah menempuh study Pascasarjana Universitas Sebelas Maret dengan konsentrasi di Teknologi Pendidikan.

Kegiatan workshop ini merupakan bentuk persiapan pemberlakuan kurikulum merdeka pada tahun ketiga yang akan mulai diimplementasikan untuk siswa SMP kelas 7 sampai 9. Pada workshop IKM ini, materi yang disampaikan berfokus pada penjelasan mengenai perbedaan istilah kependidikan yang digunakan, dan pilihan kegiatan yang dapat diimplementasikan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). 

"Melalui Workshop kurikulum dan Pelatihan Pemanfaatan Platform Canva ini, guru diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang lebih inovatif, kreatif, dan relevan dengan kebutuhan siswa apalagi ditengah perkembangan zaman yang semakin modern ini. Hal ini selaras dengan apa yang telah di cita-citakan Ki Hadjar Dewantara dalam ungkapannya Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangunkarso, Tut Wuri Handayani," ungkap Ketua Tim Pelaksana, Angga Sofyana Widyatama.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut