get app
inews
Aa
Read Next : Polisi Usut Kabar Seorang Anak di Sleman Tertembak di Kepala hingga Luka Parah

4 Cara Menghadapi Pelecehan pada Mental yang Berdampak Fatal

Selasa, 31 Januari 2023 | 10:22 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id – Selain physical abuse atau kekerasan yang bersifat fisik ada juga istilah emotional abuse yang sering dialami oleh usia remaja hingga dewasa dan berdampak fatal pada mental.

Emotional abuse biasanya melibatkan pengendalian orang lain dengan menggunakan emosi untuk mengkritik, mempermalukan, menyalahkan, atau memanipulasi mereka. Hal ini umum terjadi pada hubungan pacaran, pernikahan, teman, keluarga, bahkan rekan kerja.

Tujuan mendasar dari emotional abuse adalah untuk mengendalikan orang lain dengan mendiskreditkan, mengisolasi, dan membungkam mereka. Ini adalah salah satu bentuk pelecehan yang paling sulit dikenali karena pelakunya cenderung manipulatif.

Emotional abuse kerap dianggap setara dengan verbal abuse dan saling tumpang tindih satu sama lain. Definisi verbal abuse adalah kata-kata yang dipakai untuk merendahkan, meremehkan atau memfitnah dan menyakiti orang lain.

Orang yang mengidap emotional abuse akan meragukan persepsi dan kenyataannya sendiri, ia akan merasa terluka untuk mempertahankan hubungan lebih lama lagi, tetapi juga takut untuk pergi. Jadi, siklus itu berulang sampai sesuatu selesai.

Berikut adalah cara menghadapi emotional abuse:

1.  Bersikap jujur terhadap diri sendiri
Seorang korban emotional abuse biasanya akan merasa dirinya tidak berharga dan mulai mengabaikan kebutuhan yang ada di dalam dirinya. Korban perlu secara reflektif mengakui apakah dia sebenarnya merasa nyaman atau tidak dengan hubungan yang sedang dijalaninya.

2. Menyadari bahwa emotional abuse adalah sesuatu yang salah dan bukan sesuatu yang perlu dimaklumi
Korban tidak perlu merasa bersalah atas emotional abuse yang terjadi, berdiskusi dengan pelaku bahwa tindakan yang dilakukannya tidak menyenangkan dan membuat korban merasa tidak nyaman.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut