get app
inews
Aa Read Next : Doa Perjalanan Jauh Naik Kendaraan saat Mudik Agar Selamat dan Lancar

Ingin Terhindar dari Kesulitan dan Penyakit? Amalkan Doa Ini!

Senin, 14 November 2022 | 13:06 WIB
header img
Ilustrasi berdoa. Foto: Pixabay

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Manusia tak akan lepas dari cobaan dan ujian dalam menjalani kehidupan di dunia, baik dengan perkara yang menyakitkan maupun lewat perkara yang menyenangkan, suka maupun tidak suka, mau atau pun tidak mau.

Sebagaimana dijelaskan dalam Q.S Al-anbiyaa ayat 35, yang mana Allah SWT berfirman “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan mengujimu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikkan”.

Ayat tersebut ditafsirkan oleh Sahabat Ibnu ‘Abbas “Kami akan menguji kalian dengan kesulitan dan kesenangan, kesehatan dan penyakit, kekayaan dan kefakiran, halal dan haram, ketaatan dan kemaksiatan, petunjuk dan kesesatan” (Tafsir Ibnu Jarir).

Salah satu ujian yang disebutkan dalam ayat ini menurut penafsiran tersebut adalah penyakit, yang ternyata merupakan bagian dari cobaan yang Allah berikan kepada hamba Nya. Namun perlu selalu diingat, bahwa akan selalu ada hikmah yang dapat diambil dari seburuk-buruknya kejadian yang menimpa kita meskipun terkadang itu di luar nalar manusia.

Dalam keadaan seperti ini, kita dianjurkan untuk berdoa untuk melewati fase tersebut. Berikut doa sembuh dari sakit dan berlindung dari segala penyakit yang dikutip dari Syarah Riyadhus Shalihin Jilid 4 dalam hadits nomor 1484 diriwayatkan dari Anas RA, Rasulullah pernah membaca doa berlindung dari segala penyakit.

"Wa an annas radhiyallahu anhu an nabiya shallahu allahi wasallam kana yaqulu, Allahumma innii a'uudzu Bika Minal Baroshi wal Junuuni wal Judzaami wa min Sayyi-il Asqoom".

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut