get app
inews
Aa Read Next : Balik Rantau, Pemprov Jateng Fasilitasi Bus Gratis untuk 3.145 Pemudik

Doa Perjalanan Jauh Naik Kendaraan saat Mudik Agar Selamat dan Lancar

Minggu, 07 April 2024 | 02:37 WIB
header img
Ilustrasi doa perjalanan jauh naik kendaraan saat mudik agar diberikan kelancaran dan keselamatan. (foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Doa perjalanan naik kendaraan untuk muslim amalkan ketika akan mudik ke kampung halaman. Islam mengajarkan umatnya untuk selalu berdoa dalam melakukan setiap aktivitas termasuk ketika naik kendaraan. 

روينا في كتب أبي داود والترمذي وابن ماجه عن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ثلاث دعوات مستجابات لا شك فيهن دعوة المظلوم، ودعوة المسافر، ودعوة الوالد على ولده

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda, “Ada tiga doa mustajabah yang tidak disangsikan lagi: doa orang teraniaya, doa orang beperjalanan, dan doa orang tua untuk anaknya,” (HR Abu Dawud, At-Tirmi؟i, dan Ibnu Majah).

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abdullah ibnu Umar radhiallahu anhu mengatakan, bahwa Nabi Saw apabila mengendarai unta bertakbir tiga kali, kemudian membaca doa yang tersebut dalam Al Quran, Surat Az Zukhruf ayat 13-14:

سُبْحٰنَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هٰذَا وَمَا كُنَّا لَهٗ مُقْرِنِيْنَۙ
وَاِنَّآ اِلٰى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Artinya: Maha Suci Dia yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami." (QS. Surat Az Zukhruf: 13-14)

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut