get app
inews
Aa Read Next : Tiga Bulan Beroperasi, RS UNIMUS Raih Akreditasi Paripurna dengan Layanan Unggulan

Dijuluki Jepangnya Indonesia, Apa Alasan Tegal Dapat Julukan Tersebut?

Jum'at, 30 Desember 2022 | 11:13 WIB
header img
Tegal dijuluki Jepangnya Indonesia, ternyata ini alasannya. Foto: Istimewa/Pemkot Tegal.

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Tegal dijuluki Jepangnya Indonesia, ternyata ini alasannya. Setiap daerah pasti punya keunikannya masing-masing. Bahkan, tak jarang hal unik tersebut menjadi julukan atau nama lain daerah. 

Misalnya Tegal di Jawa Tengah yang dijuluki sebagai Jepangnya Indonesia. Namun, pemberian julukan tersebut bukan tanpa alasan. Masyarakat Tegal dikenal memiliki kemampuan di bidang industri logam. 

Mereka andal dalam membuat piranti perkapalan, alat pertanian, onderdil, bahkan perhiasan. Karena banyaknya masyarakat yang ahli dalam bidang tersebut, akhirnya Tegal disebut sebagai Jepangnya Indonesia. 

Jepang diketetahui sebagai salah satu negara industri terbesar di dunia. Tapi, penyebutan tersebut bukan hanya sekedar mencari kesamaan antara Tegal dan Jepang.

Ada catatan sejarah logis yang menjadi alasan kuat kenapa Tegal mendapat julukan tersebut. Industri logam di Kabupaten Tegal tumbuh pada masa kolonial Belanda. Saat itu sangat dibutuhkan pasokan untuk menopang kebutuhan peralatan dan suku cadang pabrik gula, perkapalan, kereta api, dan juga tekstil.

Untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut, dibangun Pabrik Logam NV Barat, yang kemudian menjadi PT. Barata dan NV Nrunger/ PT. Dwika. Namun, pabrik tersebut sudah tutup sekitar tahun 1918.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut