get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Sukoharjo Sampaikan Apresiasi dan Penghargaan untuk 12 Komunitas Relawan

Polres Sukoharjo Gelar Police Goes To Campus, Ajak Mahasiswa Tolak Aksi Intoleran dan Radikalisme

Rabu, 14 Desember 2022 | 11:21 WIB
header img
Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengisi kuliah umum wawasan kebangsaan dalam Police Goes To Campus di STIKES Panti Kosala. Foto: iNews/Nanang SN

SUKOHARJO, iNewsJatenginfo.id – Sekitar 200 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Kosala (STIKES) Panti Kosala, Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng), mengikuti kegiatan 'Police Goes to Campus' bersama Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, di kampus setempat pada, Selasa (13/12/2022).

Dalam kesempatan itu, Kapolres hadir mengisi kuliah umum tentang wawasan kebangsaan. Ia menjelaskan, pada hakekatnya wawasan kebangsaan adalah hasrat yang sangat kuat untuk kebersamaan dalam mengatasi segala perbedaan dan diskriminasi.

"Wawasan kebanqsaan tidak dilandasi atas asal-usul kedaerahan, suku, keturunan, status sosial, agama dan keyakinan. Hal yang sangat mendasar bagi bangsa Indonesia telah menjadikan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional sebagaimana terdapat dalam pembukaan UUD 1945,” ujarnya.

Kapolres berharap agar para mahasiswa sangat penting memahami falsafah dasar Pancasila yang mengandung nilai-nilai luhur sebagai pedoman dalam bersikap dan bertingkah laku yang bermuara pada pembentukan karakter bangsa.

“Karena dengan memahami nilai dasar dari Pancasila akan menjadikan kemerdekaan tanpa diskriminasi. Seperti memeluk agama sesuai kepercayaan, mengakui dan memperlakukan semua warga negara sebagai manusia yang bermartabat, memiliki solidaritas yang tinggi dan hidup rukun, serta mengakui dan menghargai kedaulatan rakyat,” ungkapnya.

Kapolres menambahkan, bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang wilayahnya terbentang dari Sabang sampai Merauke, yang terdiri dari ratusan pulau serta punya keberagaman bahasa yang berpotensi menjadi sebuah negara yang besar.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut