get app
inews
Aa Read Next : Seruan PWPM Jateng Pasca Pemilu 2024: Harapkan Situasi Damai dan Sejuk!

Hidup Sendirian, Warga Sukoharjo Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Kasad

Rabu, 14 Desember 2022 | 10:14 WIB
header img
Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Deddy Suryadi menyerahkan kunci rumah secara simbolis kepada Rantiyem warga Desa Tawang, penerima bantuan bedah rumah dari Kasad. Foto: iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO, iNewsJatenginfo.id - Seorang warga kurang mampu asal Desa Tawang, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng), yakni Rantiyem (57) mendapat bantuan bedah rumah tidak layak huni (RTLH) dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad).

Setelah dilakukan pembangunan sekira satu bulan lamanya, akhirnya peresmian dan penyerahan kunci rumah dilakukan pada, Selasa (13/12/2022), Peresmian dilakukan serentak bersama 60 RTLH dari berbagai daerah lainnya di Indonesia yang juga mendapat bantuan bedah rumah dari Kasad.

Acara peresmian dan penyerahan kunci rumah serentak itu disaksikan langsung oleh Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman melalui video conference. Kasad juga menyempatkan berdialog dengan salah satu warga penerima bantuan.

Di Sukoharjo, peresmian dan penyerahan kunci rumah milik Rantiyem di Desa Tawang, dihadiri Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Deddy Suryadi mewakili Pangdam IV Mayjen TNI Widi Prasetijono.

Bantuan bedah rumah merupakan bagian dari program Babinsa Masuk Dapur, instruksi langsung Kasad kepada seluruh Babinsa TNI Angkatan Darat (AD) untuk masuk ke dapur-dapur rumah warga di setiap wilayah tugasnya.

"Program ini atas perintah dari bapak Kasad. Untuk Jawa Tengah (Jateng) ada empat rumah. Selain disini (Sukoharjo), ada di Tegal, Purworejo, dan Yogyakarta. Alhamdulillah bisa kami selesaikan dalam waktu sekira satu bulan," terang Kasdam.

Rumah Rantiyem semula terbuat dari kayu dengan dinding bambu yang sudah lapuk dimakan usia. Atap rumah perempuan yang hidup sendiri ini juga banyak yang bocor. Kondisinya sangat tidak layak huni.

"Sekarang, seperti sama-sama kita ketahui, kondisi rumahnya sudah bagus," kata Kasdam didampingi Danrem 074/ Warastratama Kolonel Inf. Anan Nurakhman, dan Dandim 0726/ Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut