get app
inews
Aa Read Next : KPU Sukoharjo Telah Umumkan Sebanyak 17.731 Petugas KPPS Hasil Seleksi

Lestarikan Warisan Leluhur, Parade Karawitan Gamelan Sukoharjo Berkumandang

Senin, 05 Desember 2022 | 11:21 WIB
header img
Bupati Sukoharjo Etik Suryani (tengah) ikut menari usai membuka Parade Karawitan 'Gamelan Sukoharjo Ngumandang’. Foto: iNews/Istimewa

SUKOHARJO, iNewsJatenginfo.id -  Sebagai pembuktian melestarikan warisan leluhur, Pemkab Sukoharjo menggelar parade gamelan bertajuk 'Gamelan Sukoharjo Ngumandang' di Alun-Alun Satya Negara, Minggu (4/12/2022)

Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat membuka acara mengatakan, kegiatan diselenggarakan dalam rangka peringatan ditetapkannya gamelan sebagai warisan budaya tak benda dunia oleh UNESCO.

Menurutnya, acara ini sekaligus untuk menunjukkan kebanggaan pemerintah daerah yang memiliki sentra pembuatan gamelan di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban yang sudah terkenal hingga ke mancanegara.

"Gamelan adalah alat musik tradisional yang sering ditemui di berbagai daerah di Indonesia seperti misalnya di Jawa, Bali, Madura dan Lombok," kata Etik.

Alat musik ini, lanjutnya, diperkirakan sudah ada di Jawa sejak tahun 404 Masehi dilihat dari adanya penggambaran masa lalu di relief Candi Borobudur dan Prambanan.

"Gamelan tidak hanya dimainkan dalam berbagai kegiatan tradisional dan ritual keagamaan, namun juga untuk pertunjukan seni," sebut Bupati.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut