Logo Network
Network

Wujudkan Temanggung Bersih, Pengurus Perbanusa DPD 2 Dilantik untuk Kelola Ratusan Ton Sampah

Puteri Anggita
.
Selasa, 29 November 2022 | 12:37 WIB
Wujudkan Temanggung Bersih, Pengurus Perbanusa DPD 2 Dilantik untuk Kelola Ratusan Ton Sampah
Pelantikan Pengurus Perbanusa DPD 2 Temanggung, Foto : Hms/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsJatenginfo.id  - Bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah ranting Kowangan pada Senin (28/11/2022), pelantikan Perbanusa (Pengurus Pengelola Sampah dan Bank Sampah Nusantara) DPD 2 Kabupaten Temanggung periode 2022-2027 dilaksanakan. 

Acara ini dihadiri Kepala DPRKPLH Hendra Sumaryana, Kabid Pengawas SMP Dindikpora Kabupaten Temanggung Wisnu Adi Purnomo, Ketua DPD 1 Perbanusa Jawa Tengah Rahmad Budi Sanjaya, Ketua DPD 2 Perbanusa Temanggung Supardi beserta jajarannya, dan tamu undangan.

Dalam sambutannya Hendra mengatakan  bahwa hampir 800 ribu manusia di Kabupaten Temanggung rata-rata memproduksi sampah 0,6 kg per hari. Itu berarti dalam sehari ada sekitar 500 ton sampah di Temanggung, yang masuk ke TPA rata-rata 130 ton termasuk juga sampah dari pabrik.

"Artinya ada 300 ton antah berantah, bisa saja di belakang rumah kita, bisa saja ada di sungai, bisa saja ada di sembarang tempat. Dalam konteks pelantikan Perbanusa, maka ini adalah momentum tepat memanfaatkan 300 ton sampah yang belum masuk TPA ini. Mari kita bersinergi bersama-sama tentang pengelolaan sampah ini, pemerintah tidak bisa menyelesaikan sendiri, terutama pemberdayaan masyarakat dan langkah nyata," ungkapnya.


Ucapan selamat dan sukses diucapkan Hendra Sumaryana kepada pengurus DPD 2 Perbanusa Kabupaten Temanggung, menurutnya seremonial ini merupakan tiket untuk kemuliaan di dunia dan akhirat karena mereka dilantik untuk mengurus kebersihan dan persampahan.

"Ini menjadi awal perjuangan kita yang lebih baik lagi, para tokoh yang dilantik ini harus menjadi kekuatan yang lebih besar lagi bagi pengelolaan lingkungan di Kabupaten Temanggung," katanya.

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.