Logo Network
Network

Demi Kesehatan Payudara, Lakukan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Serviks

Dyah Ratna Meta Novia
.
Senin, 28 November 2022 | 18:30 WIB
Demi Kesehatan Payudara, Lakukan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Serviks
Pentingnya Melakukan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Serviks, Wanita Perlu Sadari. (Foto: timesofindia)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Melakukan deteksi dini terhadap kanker payudara dan serviks penting diketahui untuk mewaspadai penyakit tersebut. Apalagi kanker merupakan salah satu penyakit pembunuh yang harus diwaspadai.

Oleh karena itu para dokter yang menangani kasus kanker berpesan agar penderita kanker untuk tidak takut memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan apabila menemukan suatu kelainan. Bagi wanita, juga sangat penting dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri alias Sadari.

Deteksi dini kanker sangat perlu dilakukan guna mencegah keparahan. Kecurigaan keganasan kanker payudara, antara lain tumor payudara yang secara klinis tidak jelas suatu tumor jinak.

Lalu kista payudara, di mana cairannya berdarah, keluarnya darah atau cairan dari puting susu atau pada aerola terdapat koreng dan gambaran mirip seperti eksim.

Bila terjadi kelainan suatu keganasan, maka Anda bisa kehilangan waktu jika tak segera dilakukan penanganan dan berobat. Jangan menunggu penyakit kanker makin parah baru lalu memeriksakan diri.

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi Onkologi Medik MRCCC Siloam Hospitals Semanggi Prof. Dr. dr. Aru W. Sudoyo, Sp.PD-KHOM mengatakan, pasien tak perlu takut memeriksakan diri dan berobat. Pasien pasti mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih maksimal, khususnya dalam penanganan kanker.

"Akses dan komunikasi dokter spesialis onkologi di daerah dan Jakarta dan Indonesia sudah luas dan terbuka lebar, sehingga jika ditemukan kasus-kasus yang perlu penanganan lebih lanjut di Jakarta, hal ini tentunya dapat dilakukan karena riwayat medis pasien sudah dipelajari oleh para dokter spesialis,” terang Dokter Sudoyo.

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini