get app
inews
Aa Read Next : Tips Pola Hidup Sehat dan Produktif! Di Tengah Kesibukan Kuliah Ala Mahasiswa UMS

Komisi X DPR RI Bahas Kebaya sebagai Warisan Budaya Dunia ke UNESCO secara Single Nomination

Sabtu, 26 November 2022 | 11:50 WIB
header img
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti, SS, MM memipin Rapat

B. Komis X DPR RI menyampaikan pandangan dari berbagai masukan yang diterima:
1. Mendorong Pemerintah bekerjasama dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan seperti Komunitas Kebaya dan komunitas budaya lainnya untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan dalam upaya
melengkapi persyaratan untuk memenuhi kriteria pendaftaran Kebaya sebagai Warisan Budaya Dunia ke UNESCO secara Single Nomination.
2.Mendorong Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek RI dan KNIU mengawal proses pendaftaran Kebaya sebagai Warisan Budaya Dunia sesuai dengan kriteria pendaftaran yang telah ditetapkan oleh UNESCO.
3.Mendesak Kemendikbudristek RI bekerja sama Komunitas Kebaya melakukan kajian secara mendalam untuk memastikan inskripsi dari Kebaya yang akan didaftarkan ke UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia dari Indonesia guna memperkuat pendaftaran secara Single Nomination bukan Multi-National Nomination.
4. Mendorong Pemerintah bekerjasama dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan seperti Komunitas Kebaya dan komunitas budaya lainnya untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan dalam upaya menetapkan Hari Berkebaya Nasional.
5 . Mendorong Pemerintah untuk membuat Strategi Pemajuan Kebudayaan yang berciri khas budaya Indonesia, dimulai dengan mendata, menggali, dan menetapkan jenis-jenis budaya yang akan didaftarkan ke UNESCO.
6.Mendorong Pemerintah khususnya Kemendikbudristek RI dan Kemenlu RI melakukan langkah-langkah diplomasi budaya ke berbagai negara untuk memperkuat Kebaya sebagai busana khas perempuan Indonesia sekaligus sebagai identitas Budaya Indonesia.
7.Mendorong pemerintah khususnya Kemenlu RI untuk mengusulkan perubahan mengenai prosedur nominasi Warisan Budaya Takbenda UNESCO dan mengupayakan Indonesia masuk dalam keanggotaan Executive Board UNESCO.

C. Bahan paparan yang disampaikan Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek RI, Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan Dan Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenko PMK RI, Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) dan Komunitas Kebaya merupakan bagian tidak terpisahkan dari RDP ini, dan akan menjadi bahan pertimbangan pengambilan kebijakan bidang kebudayaan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut