get app
inews
Aa Read Next : Tips Pola Hidup Sehat dan Produktif! Di Tengah Kesibukan Kuliah Ala Mahasiswa UMS

Keren! Siswa MAN Torehkan Prestasi Sabet Juara Kompetisi Robot Internasional

Selasa, 24 Januari 2023 | 22:48 WIB
header img
Siswa madrasah menangkan kompetisi internasional di Thailand, (Foto: Kemenag.go.id)

SALATIGA, iNewsJatenginfo.id - Dunia pendidikan Indonesia kembali menorehkan prestasinya dalam ajang perlombaan internasional. Almer Abiyyu Ahmad seorang siswa kelas X-2 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pasuruan sukses menyabet Medali Perak (Juara 2) Kategori Physical Computing pada International Robot Olympiad (IRO 2022) di Phuket Thailand.

IRO 2022 berlangsung pada 12–16 Januari 2023. Ajang ini diikuti sebanyak 400 peserta dari 14 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Bangladesh, Filipina, Vietnam, New Zealand, Australia, India, Yunani, Rusia, China, Korea Selatan, dan Inggris.

Persiapan Tim Robotik MAN 1 Pasuruan diawali dengan pembekalan peserta selama tujuh hari di Jakarta. Mereka mempersiapkan kompetisi untuk tiga kategori perlombaan, yakni Robot in Movie, Creativity, dan Physical Computing. Masing-masing kategori mempunyai karakteristik tersendiri dalam penilaian.

Hari pertama, peserta mengikuti lomba untuk kategori Physical Computing. Hari kedua, mereka berkompetisi pada kategori Robot In Movie. Hari ketiga dan keempat digelar lomba pada Kategori Creativity.

Persiapannya tidak mudah, karena tiga lomba ini hanya diikuti satu peserta. Sementara tim dari negara lain masing-masing satu tim dua peserta.

"Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami agar bisa memaksimalkan kondisi yang ada namun dengan performa yang maksimal," terang Faiz, pembina robotik yang juga ketua program keterampilan MAN 1 Pasuruan, Kamis 19 Januari 2023.

"Karena, jujur saja, Tim Robotik MAN 1 Pasuruan perdana mengikuti even robotik internasional kategori kreatif," imbuhnya, seperti dikutip dari Kemenag.go.id.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut