get app
inews
Aa
Read Next : Walikota Semarang Apresiasi PKK Mampu Jadi Solusi Persoalan Keluarga

Mitos dan Fakta Tumbuh Sehat Calon Bayi dan Anak, Siloam Hospitals Semarang Beri Edukasi

Kamis, 24 November 2022 | 10:43 WIB
header img
Tumbuh kembang anak. (foto: pexels)

Dokter Spesialis Anak Siloam Hospitals Semarang, Puni Oktisari mengatakan, pemberian ASI secara langsung kepada bayi merupakan hal terbaik meskipun pemberian ASI secara tidak langsung dapat dilakukan.

"Hanya saja ketika ASI disimpan, para ibu harus mengetahui caranya, melalui panduan yang akan disampaikan ketika melakukan konsultasi bersama dokter", tutur Puni yang merupakan seorang konselor laktasi ini.

Pada edukasi sesi tanya jawab, dijelaskan pula bahwa bawang merah dapat mengobati batuk pilek anak sebenarnya adalah mitos, karena batuk pilek pada anak bisa disebabkan alergi dan infeksi.

"Ini adalah mitos bahwa bawang merah dapat menghilangkan flu pilek pada anak. Tak ada satupun kandungan di bawang merah dapat menyembuhkan flu, memberikan bawang hanya membantu memberi kehangatan dan kenyamanan sementara pada anak. Dan Fakta yang benar bahwa batuk pilek pada bayi atau anak, yang tidak diobati segera, dapat beresiko Pneumonia", ungkap Puni Oktisari.

Adapun alat bantu berjalan ketika masa tumbuh bayi/batita, menuju proses berdiri dan berjalan melalui alat 'babywalker', tidak disarankan Puni.

"Karena alat bantu tersebut banyak mengandung resiko kesehatan dan tidak sesuai kebutuhan tumbuh kembang proses berjalan sang anak. Interaksi tumbuh kembang anak jauh lebih baik jika orang tua yang langsung mengawalnya termasuk mengalihkan bayi dan anak dari alat elektronik atau gadget", pungkas Puni Oktisari.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut