get app
inews
Aa Read Next : Melalui Pelatihan Paguyuban Pemdes Pringsurat Temanggung Ajak BPD Naik Kelas

Menteri BUMN: Ada Empat Usaha Yang Akan Tumbuh Hingga 2045

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 16:02 WIB
header img
Erick Thohir: Empat Usaha Yang Akan Tumbuh Hingga 2045 (foto: Ist)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Menteri BUMN  Erick Thohir menyebutkan ada empat sektor usaha yang berpotensi terus tumbuh hingga 2045, di antaranya yaitu sektor ekonomi digital, ketahanan pangan, pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal itu disampaikannya saat menghadiri Diklatda Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Jakarta, Kamis (27/10/2022).

"Ada empat sektor usaha yang berpotensi terus tumbuh, yakni hilirisasi sumber daya alam (SDA), ekonomi digital, ketahanan pangan, serta pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkap

Menurut Erick, empat sektor usaha tersebut akan menjadi mendorong pertumbuhan makro ekonomi hingga 2045. Dorongan itu sejalan dengan perkiraan bahwa Indonesia menjadi negara dengan ekonomi terbesar keempat dunia pada 2045, di bawah China, India, dan Amerika Serikat (AS).

Mantan bos Inter Milan itu menilai empat sektor tersebut juga ditopang dengan pertumbuhan kelas menengah. Di mana, diprediksi akan mencapai 223 juta orang dari total populasi yang diperkirakan sebesar 318,9 juta orang pada 2045.

Di lain sisi, Erick memastikan BUMN siap menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi nasional hingga 2045. Erick pun mengarahkan agar penguatan hilirisasi sumber daya alam (SDA) terus dilakukan.

Indonesia, lanjut dia, harus melakukan akselerasi hilirisasi agar tidak terus menerus mengirimkan bahan baku ke luar negeri. Dia menilai industri turunan SDA mempunyai dampak besar dalam mengerek pertumbuhan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja.

Kita punya potensi besar dalam pengembangan Nikel dan kelapa sawit. Kita menguasai 25 persen cadangan Nikel dunia, turunannya ini banyak sekali, mulai dari produk baja, baterai, turbin pesawat, sampai otomotif," ucap dia.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut