get app
inews
Aa Text
Read Next : Kholid Rosyadi, Guru Inspiratif dari Pati yang Dampingi Siswa Kurang Mampu Masuk PTN dengan Beasiswa

Melalui Project Based Learning, SD di Surakarta ini Berupaya Tingkatkan Kreativitas Murid

Jum'at, 14 Oktober 2022 | 13:35 WIB
header img
SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Foto: Ist

“Model PjBL adalah pembelajaran inovatif yang berpusat pada murid dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Kedudukan guru hanya sebagai fasilitator dan motivator,” ujarnya.

Selanjutnya Andi menyampaikan enam langkah pembelajaran, yaitu pertama, penentuan pertanyaan mendasar. Dalam kegiatan ini guru mengajukan pertanyaan pemantik. 

“sudahkah kalian mengenal bilangan pecahan? Dalam praktik di lingkungan sekitar, kegiatan apa yang berkaitan dengan pecahan?,” tanyanya.

Kedua, mendesain perencanaan proyek. Guru membagi murid menjadi beberapa kelompok, beranggotakan  4-5 anak yang heterogen. Guru memastikan setiap murid mengetahui prosedur pembuatan  produk. Murid mempersiapkan diri meliputi persiapan alat, bahan, media, dan sumber yang dibutuhkan. 

Ketiga, menyusun Jadwal pelaksanaan projek. Guru dan murid membuat kesepakatan tentang jadwal pembuatan produk dan menyusun jadwal penyelesaian projek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan bersama selama 10 menit.

Keempat, memonitor keaktifan dan perkembangan projek. Murid melakukan pembuatan projek pengenalan bilangan pecahan sesuai dengan langkah-langkah yang sudah disampaikan oleh guru. Guru memantau keaktifan murid selama melaksanakan projek, memantau realisasi perkembangan, dan membimbing jika mengalami kesulitan.

Kelima, menguji hasil. Pada langkah ini, guru berdiskusi dan memantau keterlibatan murid, mengukur ketercapaian standar, dan membahas kelayakan projek yang telah dibuat dan yang akan dipaparkan di depan kelas.

Keenam, evaluasi pengalaman belajar. Setiap kelompok mempresentasikan hasil produk yang mereka buat, kemudian ditanggapi oleh guru. Di akhir kegiatan, murid dan guru membuat simpulan.

Salah satu murid kelas IV, Astranarendra Pramoedya Ananta Kusuma, mengaku senang dengan kegiatan pembelajaran Matematika hari ini.

“Pembelajaran sangat seru dan  menyenangkan, apalagi kelompok saya paling awal menyelesaikan projek,” pungkasnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut