Logo Network
Network

4 Tips Hadapi Anak saat Tantrum, Mom Wajib Tahu

Kevi Laras Wana
.
Rabu, 21 September 2022 | 12:06 WIB
4 Tips Hadapi Anak saat Tantrum, Mom Wajib Tahu
Tips hadapi anak saat tantrum. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Anak-anak biasanya memiliki emosi yang meledak-ledak dan meluapkannya dengan berteriak, menangis, dan membangkang atau tindakan yang menyebalkan. 

Seorang psikolog klinis yang berbasis di Dallas, Dr Ray Levy, Ph.D, mengungkapkan jika anak dapat merasakan frustasi jika tak ada yang menanggapi perkataan nya. 

"Mereka menjadi frustasi ketika Anda tidak menanggapi apa yang mereka 'katakan'," kata Dr Ray Levy, Ph.D, dilansir dari Parents, Senin (5/9/2022)

Reaksi orangtua merespons anak saat tantrum begitu beragam. Namun perlu dipahami ada langkah tepat agar lekas meredah, berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Latih anak membuat keputusan

Para Moms disarankan untuk tak mengatakan "tidak" untuk semuanya. Orang dewasa atau orang tua harus memberi anak rasa kontrol, biarkan dia membuat pilihan. 

Contohnya, berikan sebuah pilihan, agar anak bisa memutuskan pilihannya. "Mau pakai baju merah atau baju biru?", "Apakah kamu ingin makan stroberi atau pisang?", "Apakah Anda ingin membaca buku atau bermain dengan puzzle?"

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini