get app
inews
Aa Read Next : 5 Manfaat dan Bahaya Saat Ciuman Bibir dengan Pasangan

Cara Mudah Menangkal Hal Negatif Bagi Tubuh dengan Meditasi

Selasa, 23 Agustus 2022 | 13:41 WIB
header img
Ilustrasi Meditasi. foto: ist

Senyawa sitokin yang dilepaskan sebagai respons terhadap stres dapat memengaruhi suasana hati. Hal ini lama-kelamaan bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan mental, misalnya depresi. Melakukan meditasi dengan rutin dipercaya dapat mengurangi kadar sitokin, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya depresi.

- Memperkuat imun atau kekebalan tubuh 

Penelitian menunjukkan adanya peningkatan antibodi atau zat pembentuk kekebalan tubuh yang lebih tinggi pada orang yang rutin bermeditasi. Selain dengan mengandalkan meditasi, perlu untuk mengatur pola makan dengan bahan makanan yang mengandung kaya vitamin dan mineral, menjaga pola hidup sehat, dan dapat menghentikan rokok maupun alkohol. 

- Menjaga kesehatan jantung

Bila seseorang sering menimbun stress dan tidak melakukan sistem penenangan pikiran seperti meditasi, maka dapat mengganggu kesehatan jantung. Stress dikenal dapat meningkatkan tekanan darah yang meninggi sehingga berakibat jantung berdenyut lebih kencang dari biasanya dan bila diabaikan akan berujung masalah dalam pembuluh darah seperti serangan jantung dan penyakit stroke. 

Tetap menjaga keseimbangan baik kesehatan mental maupun kesehatan fisik dengan baik dan benar, perbanyak konsumsi makanan bersih dan sehat, vitamin dan istirahat yang cukup dapat menjadikan tubuh dapat berkembang dengan optimal.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut