get app
inews
Aa Read Next : 5 Manfaat dan Bahaya Saat Ciuman Bibir dengan Pasangan

Cara Mudah Menangkal Hal Negatif Bagi Tubuh dengan Meditasi

Selasa, 23 Agustus 2022 | 13:41 WIB
header img
Ilustrasi Meditasi. foto: ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Mood selalu berubah, maka meditasi dapat dijadikan andalan sebelum hal negatif tersebut menyerang. 

Menurut laman kesehatan alodokter, Meditasi salah satu aktivitas untuk dapat menjaga konsentrasi atau pola pikir seseorang untuk dapat merasa tenang, aman, damai, dan menjadi ‘ringan’ terhadap hal negatif yang menjadikan pikiran stress, kepala pusing, bahkan imun yang menurun. 

Meditasi merupakan kegiatan yang tidak perlu mengeluarkan dana besar atau racikan obat, hanya dengan duduk bersantai kemudian, menghirup udara dengan tenang dan dihembuskan secara perlahan. 

Dalam laman alodokter juga mengatakan bahwa bila seseorang sering bermeditasi, maka akan mudah untuk menyadari bahwa mimpi atau hal yang terus bermunculan dalam kepala seseorang dapat menjadi faktor utama dari stress atau hal yang mengganggu pikiran seseorang. 

Maka dengan peran meditasi yang sangat baik bagi masyarakat, berikut beberapa manfaat yang perlu diketahui diantaranya:

- Menangkal stress yang berlebihan

Meditasi dapat menghasilkan hormon endorfin atau hormon yang memiliki peran sebagai pereda nyeri pada tubuh seseorang, atau lebih tepatnya hormon yang dapat meningkatkan suasana hati seseorang bila dalam keadaan down akibat stress dan dapat meningkatkan kualitas istirahat seseorang. 

- Mengatasi gangguan kecemasan dan depresi
 
Rutin menerapkan meditasi dalam keseharian, dapat memberikan sensasi yang mana dapat membuat seseorang lebih tenang dan tentram. Penelitian menunjukkan bahwa teknik meditasi mindfulness dapat mengurangi rasa cemas dan gelisah yang berlebihan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut